• Berita Terbaru

    January 31, 2023

    elnusanews/com , January 31, 2023

    Hut Ke-598 Daerah Kepulauan Sangihe dan Perayaan Adat Tulude Sukses Digelar


    SANGIHE, Elnusanews - Meskipun diguyur hujan sejak sore hingga akhir pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Daerah Kepulauan Sangihe ke-598 dan upacara adat Tulude,namun tidak mengurung niat masyarakat Sangihe untuk dapat menyaksikan secara langsung hajatan setiap tahunnya ini.

    Perayaan adat Tulude dan Hut Daerah ini dilaksanakan di pendopo rumah jabatan Bupati, "Selasa (31/1/2023)


    Dimulai dari prosesi adat penjemputan tembonang banua (pemimpin daerah) sampai pada pemotongan kue adat Tamo,bahkan pementasan tarian perang Suku Sangihe yakni tari Salo tentu sangat mengundang antusias masyarakat.

    Mewakili sambutan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dodokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw mengucapkan selamat kepada Pemkab dan masyarakat, menurut orang nomor dua di nyiur melambai perayaan adat Tulude memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat yang masih berpegang teguh pada nilai-nilai tradisional yang diwariskan oleh leluhur," kata wagub.


    Hari ini kita menyaksikan bagaimana tungginya adat dan peradaban masyarakat Kepulauan Sangihe dengan bersama-sama melaksanakan acara Tulude ini."Suatu acara yang sudah dilaksanakan secara turun-temurun selama ratusan tahun,yang sifatnya yang mengandung makna,yaitu sangat menginspirasi kita semua.

    Wagub juga menjelaskan perihal intisari perayaan adat Tulude untuk dijadikan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat. "Substansi dari acara Tulude ini adalah kontemplasi,introspeksi evelauasi terhadap apa yang kita lakukan selama tahun 2022.bagaimana kita akan menjalani tahun 2023.Kita semua akan diperhadapkan dengan berbagai tantangan,namun sesuai dengan semboyan masyakatat Sangihe "Somahe Kai Kehage" yang menggambarkan bahwa masyarakat Sangihe memiliki etos kerja tunggi dan tak mudah menyerah,optimis menghadapi tantangan dan hambatan."jelas wagub.


    Diakhir sambutannya wagub mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bahu-membahu menjaga persatuan demi kemajuan sulawesi utara." ajak wagub

    lebih lanjut lagi Wagub menghimbau untuk menyingkirkan sejumlah perbedaan baik latar belakang dan warna afiliasi politik."Kesejahteraan dan Kemamkmuran masyarakat sangatlah penting untuk itu mari kita duduk bersama dengan visi yang sama untuk masa depan Kepulauan Sangihe sambung wagub yang diringi deruh tepuk tangan para tamu undangan.


    Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe,dr Rinny  Tamuntuan dalam sambutan berbahasa daerah Sangihe dan ada terjemahannya mengatakan, usia 598 tahun merupakan kasih karunia dari Tuhan bagi masyarakat Sangihe, lewat perayaan adat Tulude, Pemerintah dan masyarakat menaikan syukur kepada Tuhan atas tuntunan sampai di tahun baru 2023 dan memohon agar dijauhkan dari segala bencana, penyakit dan hal buruk lainnya.

    Merayakan Tulude sebagai bagian kita menyampaikan syukur kepada Tuhan atas kasihNya yang membawa Sangihe ke usia 598 tahun, kita yakini tahun 2023 ini Sangihe akan dijauhkan dari aral rintangan” ungkap Tamuntuan.


    Perayaan adat Tulude dan HUT Kabupaten Kepulauan Sangihe turut dihadiri oleh Ketua DPRD Sulut Fransiskus Andy Silangen, sejumlah kepala daerah, jajaran Pemprov Sulut dan Sangihe serta masyarakat. ADVETORIAL


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hut Ke-598 Daerah Kepulauan Sangihe dan Perayaan Adat Tulude Sukses Digelar Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top