• Berita Terbaru

    January 25, 2023

    elnusanews/com , January 25, 2023

    Walikota Tomohon-Walikota Minamiboso Jepang Perkuat Kerjasama



    TOMOHON,Elnusanews - Pemerintah Kota Tomohon kembali menerima kunjungan Walikota Minamiboso Jepang Mr Yutaka Ishi bersama Tim JICA (Japan International Cooperation Agency), Rabu (25/1/2023).

    Rombongan diterima Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH di Danau Linow Restaurant Tomohon sekaligus melakukan dialog kaitan dengan pengembangan pembangunan michinoeki.



    Kedatangan kembali tim dari Kota Minamiboso dan JICA dalam rangka untuk lebih mematangkan kerjasama pembangunan Stasiun Jalan atau Michinoeki atas kerjasama Kota Minamiboso dan Tim JICA (Japan International Cooperation Agency) bersama Pemerintah Kota Tomohon.

    Michinoeki (Stasiun Jalan) adalah sebagai tempat istirahat dengan beragam fasilitas, pusat informasi didalamnya fungsi mitigasi bencana, kemitraan, perdagangan, pengembangan pariwisata, tempat pemasaran hasil pertanian dan lain sebagainya, dan melibatkan peran serta masyarakat lokal.



    Walikota Minamiboso mengatakan fasilitas Michinoeki di Tomohon adalah gabungan gaya Minahasa dan gaya Jepang, ini merupakan suatu kerjasama antara  Minamiboso dengan Kota Tomohon. Tempat ini dinilai suatu yang mengindikasikan Michinoeki masa depan.

    Melalui proyek ini kami harap kita bisa meneruskan hubungan baik antara Kota Tomohon dengan Kota Minamiboso, diharapkan juga proyek ini akan berkontribusi  untuk pembangunan komunikasi antara Indonesia dan Jepang.


    Sementara itu, Walikota Tomohon Caroll Senduk mengatakan pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon menerima dengan baik akan kunjungan ini, dan sangat berterima kasih atas kerjasama yang terjalin sampai saat ini.

    "Adanya Michinoeki di Tomohon tentu akan menggerakan perekonomian, dalam hal ini para petani tanaman organik dengan hasil pertaniannya akan dijual di tempat ini seperti sayur dan lain-lain," kata Walikota Tomohon itu.

    Lanjutnya, tempat ini akan dijadikan sebagai pusat informasi wisata dan pasar pertanian organik, serta menyediakan fasilitas packing bagi UMKM yang belum mempunyai alat atau mesin packing

    "Kami tentu akan mengelolah dengan baik apa yang sudah dikerjakan kemitraan dalam proyek ini, untuk itu Pemerintah Kota Tomohon telah mempersiapkan tim yang akan mengelolah Michinoeki serta telah membentuk kelompok-kelompok tani khususnya petani organik dan hasilnya akan dipasarkan di Michinoeki," bebernya.

    Harapan kami kiranya kerjasama antara Kota Tomohon dengan Kota Minamiboso memiliki kelanjutan tidak hanya sampai pada proyek ini.

    Kesempatan itu dilakukan penandatanganan berita acara serah terima barang promosi pertanian melalui Agri Wisata memanfaatkan pengetahuan tentang Michinoeki dan penyerahan cendramata dari Walikota Tomohon.

    Usai dari Linow Walikota Tomohon bersama rombongan memantau gedung Michinoeki Pakewa Tomohon yang berlokasikan di kompleks Dinas Koperasi Kota Tomohon jalan lingkar timur, dan membicarakan kaitan dengan teknis pengelolaan Michinoeki.

    Disertai dengan penanaman pohon di area tersebut.

    Ikut hadir, Deputi JICA Tokyo Center Ms Makiko Okimura, Project Manager Michinoeki Fumiyu kato, Ketua TP-PKK Daerah Kota Tomohon drg Jeand'arc Senduk- Karundeng dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

    (Advetorial Diskominfo Tomohon)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Walikota Tomohon-Walikota Minamiboso Jepang Perkuat Kerjasama Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top