• Berita Terbaru

    January 24, 2023

    elnusanews/com January 24, 2023

    Nuansa Budaya Dan Adat Sangihe Meriahkan HUT Kampung Biru Ke 64

    SANGIHE, Elnusanews- Hari Ulang Tahun (HUT) Kampung Biru Kecamatan Tabukan Tengah Ke-64 tahun dirangkaikan dengan pesta Adat Tulude sukses digelar, Senin (23/01/2023).

     Acara tersebut mengusung Tema: "Menoleh Masa Lalu,Merajut Masa Kini,Menatap dan Meraih Masa Depan".

    Sub Tema: Dengan Semangat perayaan Hut Ke 64 tahun kita satukan perbedaan dalam ikatan silahturahmi,demi tercapainya Kampung yang sehat,sejahterah,mandiri,berbudaya.

    Kesederhanaan perayaan Adat Tulude nampak terlihat pada prosesi ritual adat,antara lain Kakumbaede (kata-kata adat), Menahulending serta Pemotongan Kue Adat Tamo.

    Turut hadir dalam acara tersebut,Wakil Ketua DPRD Sangihe,Michael Thungari,Mantan Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe periode 2011-2016 yang juga Ketua DPC PDIP Sangihe, Drs Hironimus Rompas Makagansa,Camat Tabukan Tengah,Yusak Karame, Kapolsek Tabukan Tengah, Danramil serta para Kapitalaung dan tamu undangan lainnya.

    Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dalam sambutannya yang diwakili oleh Kadis PMD,Frans Porawow mengatakan puji dan syukur kehadirat Tuhan yang maha kuasa,karena atas cinta kasih dan tuntunannya,sehingga kita boleh menghadiri acara syukuran hari ulang tahun Kampung Biru yang Ke 64.

    Sehubungan dengan itu, perkenankan saya atas nama pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe menyampaikan selamat bersukacita atas ulang tahun Kampung Biru yang ke 64.

    "Apresiasi dan terima kasih kepada pemarintah dan masyarakat Kampung Biru Kecamatan Tabukan Tengah yang telah memfasilitasi acara ini sebagai wujud kebersamaan dalam mensyukuri berkat dan anugrah Tuhan yang maha kuasa."tutur Porawow.

    Lanjut Porawow semenjak ditetapkannya Kampung Biru sebagai salah satu Kampung di daerah ini,maka tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakatlah yang memegang andil yang besar dalam pengembangan Kampung. Kerjasama yang baik dan solid yang tercipta antara pemerintah dan masyarakat Kampung menjadi modal utama bagi Kampung Biru untuk semakin maju dan berkembang.

    Kepada Kapitalaung dan para aparat pemerintah Kampumg Biru semakin profesional dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Disamping itu juga tingkatkan fungsi koordinasi dan sinkronisasi antara Kapitalaung,MTK dan unsur lembaga kemasyarakatan sebagai mitra pemerintah Kampung,sehingga harapan masyarakat dapat diakomodir melalui penetapan program dan kegiatan pembangunan partisipatif,disesuailan dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan,serta sistem nilai dan budaya kearifan lokal semangat kegotongroyongan.

    "Saya mengajak kepada pemerintah dan semua elemen masyarakat Kampung Biru selaku komponen bangsa yang ada di daerah ini,untuk tetap menjaga serta mempertahankan situasi dan kondisi daerah yang aman dan kondusif dengan terus membangun harmonisasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara."tutup Porawow.

    Sementara itu Kapitalaung Kampung Biru,Ikram Makadolang mengatakan selaku pemerintah Kampung Biru tentunya merasa sangat bangga atas terselenggaranya acara Hut Kampung Biru serta pesta adat tulude.

    "Semua ini berkat antusias serta dukungan,motifasi  maupun partisifasi  dari seluruh masyarakat Kampung Biru."kunci Makadolang.



    (OpMud)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Nuansa Budaya Dan Adat Sangihe Meriahkan HUT Kampung Biru Ke 64 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top