• Berita Terbaru

    May 03, 2019

    elnusanews/com May 03, 2019

    Irup Hardiknas, Ini Pesan Sekda Ngongoloy

    MITRA, Elnusanews - Mewakili Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH, Sekretaris Daerah Drs Robby Ngongoloy, ME, M.Si, meminpin  ucapara Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 di Kabupaten Mitra, Kamis 2/5/2019

    Upacara digelar di lapangan Narato Ratatotok dihadiri oleh jajaran SKPD dan 12 peserta dari setiap Kecamatan serta para pelajar.

    Saat bertindak sebagai inspektur upacara Sekertaris Daerah Ngongoloy membacakan sambutan tertulis dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Ngongoloy mengatakan, sebagaimana kita ketahui bahwa tanggal 2 mei diambil dari kelahiran Ki Hajar
    Dewantara yang adalah toko nasional.

    “Perlu dikatahui bahwa terbentuknya warga negara yang demokraris merupakan tujuan pendidikan nasional kita,” ujar Ngongoloy.

    Lanjut dikatakannya, sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden dalam banyak kesempatan, perhatian­ pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia.

    “Di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya. Terkait hal itu tema hardiknas 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, memajukan kebudayaan”. Ujarnya

    Tema ini,kata dia mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya sumberdaya manusia yang berkualiatas demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

    Dijelaskannya bahwa Dalam perspektif Kemendikbud, pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap memasuki dunia kerja.

    Dia menambahkan, dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti luhur.

    “Tentu semua itu membutuhkan profesionalisme kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan ditingkat pusat dan daerah Saat ini peserta didik kita didominasi generasi Z yang terakhir di era digital dan pesatnya teknologi,”ucapnya.

    Menurunya, hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk memerapkan pendidikan berbasis teknologi dengan sentuhan budaya Indonesia melalui dari pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Ketiga pusat pendidikan tersebut harus saling mendukung dan menguatkan.

    Seanjutnya Ngongoloy berharap marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitik beratkan pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter kuat, keterampilan dan kecakapan tinggi sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

    Diakhir sambutan, Ngongoloy menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi tingginya kepada insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri.

    “Para pendidik dan tenaga kependidikan disemua jenjang, para pegiat PAUD, pegiat literasi, tokoh agama, wartawan dan kontributor pendidik lainya yang tak lelah memberikan inspirasi, pembuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dam memberi manfaat bagi sekitarnya. Teruslah besemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia,”tandas Ngongoloy.



    (Jo)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Irup Hardiknas, Ini Pesan Sekda Ngongoloy Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top