• Berita Terbaru

    May 03, 2019

    elnusanews/com May 03, 2019

    Sebagai Mitra, BPJS Kesehatan Minta Menajeman RS Sam Ratulangi Tondano Memperbaharui Akreditasi

    MINAHASA, Elnusanews - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, mengingatkan rumah sakit (RS) Samratulangi Tondano yang menjadi mitranya untuk memperbarui status akreditasi.

    Sesuai regulasi yang berlaku, akreditasi menjadi salah satu syarat wajib untuk memastikan peserta JKN-KIS memperoleh layanan kesehatan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

    “Kita sudah berkali-kali mengingatkan agar semua rumah sakit untuk mengurus akreditasi,” Ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tondano Doni Jember Saefuddin saat melakukan konferensi pers bertempat di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, di Tondano, Kamis (2/5/2019).
    Sejauh ini kata dia, pemerintah sudah memberi kesempatan kepada rumah sakit yang belum melaksanakan akreditasi untuk melakukan pembenahan dan perbaikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sebab Sesuai undang-undang nomor 44/2009 tentang Rumah Sakit dan Permenkes no 34/2017 disebutkan setiap Rumah Sakit wajib diakreditasi.

    Selanjutnya dia menjelaskan bahwa akreditasi seharusnya diberlakukan sejak awal tahun 2014 seiring dengan pelaksanaan Program JKN-KIS.

    Namun, lanjutnya, memperhatikan kesiapan rumah sakit, ketentuan ini kemudian diperpanjang hingga 1 Januari 2019 sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 99 Tahun 2015 tentang perubahan PMK 71 Tahun 2013 Pasal 41 ayat (3).

    Dijelaskan Doni lagi, apabila nanti per-30 Mei RSUD Samratulangi Tondano belum juga memperpanjang masa akreditasinya, untuk para pengguna kartu JKN KIS di Kabupaten Minahasa bisa menggunakannya di dua rumah sakit terdekat, yakni di RS Bethesda Tomohon dan RS Gunung Maria.

    (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sebagai Mitra, BPJS Kesehatan Minta Menajeman RS Sam Ratulangi Tondano Memperbaharui Akreditasi Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top