• Berita Terbaru

    November 27, 2019

    elnusanews/com , November 27, 2019

    Dinas Pangan Bersama TP-PKK Sulut Gelar Lomba Cipta Menu

    SULUT,Elnusanews - Dalam rangka mengoptimalkan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskina (ODSK), Dinas Pangan Daerah Provinsi Sulut bersama Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sulut menggelar Gerakan Diversifikasi Pangan dan Lomba Cipta Menu, tepatnya di belakang kantor Gubernur Sulut, Rabu (27/11/2019) pagi tadi.

    Lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal di hadiri langsung oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Sekprov Sulut Edwin Silangen, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sulut, Ivonne Silangen Lombok, Kepala Dinas Pangan Sulut Sandra Moniaga serta sejumlah Ketua TP-PKK Kab/Kota se Sulut, Tim Penilai serta Anak Sekolah.

    Gerakan Diversifikasi Pangan dan Lomba Cipta Menu tersebut dibuka langsung oleh Sekprov Sulut Edwin Silangen.
    Kepala Dinas Pangan Daerah Provinsi Sulut Sandra Moniaga mengatakan bahwa lomba cipta menu ini adalah kegiatan kerjasama antara TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara dan Dinas Pangan Daerah Sulut, dimana memiliki maksud sebagai bentuk sosialisasi kepada seluruh masyarakat bumi nyiur melambai tentang penerapan konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal.

    "Kualitas konsumsi pangan dan gizi sangat menentukan kualitas sumber daya manusia. Karenanya upaya untuk menyediakan pangan dalam jumlah dan keragaman yang cukup, dengan kualitas yang layak dan tersedia sepanjang waktu, harus selalu menjadi perhatian kita bersama baik pemerintah maupun masyarakat itu sendiri. Untuk itu dalam rangka usaha kita bersama terkait pemenuhan konsumsi pangan bagi masyarakat, ada tiga hal pokok yang harus diperhatikan adalah: ketersediaan pangan yang berbasis pada pemanfaatan sumber daya lokal secara optimal, keterjangkauan pangan dan pemanfaatan pangan," kata Sandra Moniaga.
    Ketua TP-PKK Sulut Rita Dondokambey Tamuntuan mengatakan perwujudan ketersediaan pangan yang berbasis pada pemanfaatan sumber daya lokal secara optimal dilakukan dengan penganekaragaman pangan dan pengutamaan produksi pangan dalam negeri.

    "Tujuan utama penganekaragaman konsumsi pangan/diversifikasi pangan adalah membudayakan pola konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman untuk hidup sehat aktif dan produktif, sehingga kualitas konsumsi pun semakin baik. Hal ini memberikan indikasi bahwa bahwa kecerdasan dan kesehatan masyarakat semakin terjamin," bebernya.

    Sementara itu, Gubernur Olly Dondokambey melalui Sekprov Sulut Edwin Silangen dalam sambutannya mengapresiasi Gerakan Diversifikasi Pangan dan Lomba Cipta Menu yang di gelar oleh Dinas Pangan Sulut dan TP-PKK Sulut.

    "Kegiatan seperti ini sangat srategis dalam rangka mendukung program ODSK. Agenda yang terselenggara ini harus dipandang sebagai salah satu bentuk kehadiran negara untuk mencari solusi berbagai aspek masalah yang ada khusus dalam mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap satu jenis pangan seperti beras dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok sekaligus mengembang kreasi masyarakat menciptakan menu pangan berbasis lokal. Saya berharap lewat giat ini akan dapat menghapus anggapan yang ada di masyarakat bahwa makan itu hanya nasi dan belum makan jika belum makan nasi," tuturnya.

    Diketahui, Lomba cipta menu melibatkan kab/kota yang ada di daerah bumi nyiur melambai. Pemenang pada lomba ini akan mewakili Sulut pada lomba cipta pangan tingkat nasional tahun 2020 mendatang.
    Dari hasil Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi Sulut akhirnya TP-PKK Kota  Kotamobagu raih juara 1 dengan perolehan nilai 76,59,

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dinas Pangan Bersama TP-PKK Sulut Gelar Lomba Cipta Menu Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top