• Berita Terbaru

    November 09, 2019

    elnusanews/com , November 09, 2019

    Wagub Steven Kecam Pembalakan Liar Rambah Hutan Raya Megawati di Mitra

    Wagub Sulut Steven Kandouw.

    SULUT,Elnusanews - Terkait pembalakan liar atau ilegal logging yang terjadi di kawasan eks tambang PT NMR (Newmont Minahasa Raya) yang saat ini menjadi lokasi Kebun Raya Megawati Soekarnoputri terletak di Desa Ratatotok Satu, Kec. Ratatotok, Kab. Minahasa Tenggara (Mitra) menjadi perhatian serius oleh pemerintah provinsi.
    Belum lama ini, Dinas Kehutanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui UPTD Wilayah V melakukan operasi dan berhasil mengamankan 13 kubik kayu dan 3 mesin potong kayu.
    Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Wakil Gubernur Steven Kandouw, kepada elnusanews.com, Jumat (8/11/2019), menegaskan pembalakan liar yang sengaja atau secara terang-terangan dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab harus segera ditindaklanjuti sesuai proses hukum yang ada.
    "Saya sudah terima laporan dari Kepala Dinas Kehutanan provinsi bahwa pihaknya telah mengamankan 13 kubik jenis kayu olahan rimba campuran dan 3 unit mesin potong kayu dan barang sitaan tersebut sudah diamankan di pos kehutanan di Gunung Potong,”kata Wagub Sulut itu.
    Lanjut orang nomor dua (2) Sulut itu mengecam keras pembalakan liar yang terjadi di Hutan Raya Megawati Soekarno Putri.
    "Hutan yang memiliki keanekaragaman tinggi menjadi sumber kekayaan bagi negara tempat hutan tersebut. Flora dan fauna yang hidup di dalamnya akan mendukung terciptanya ekosistem kompleks yang menghasilkan banyak manfaat bagi lingkungan di sekitarnya. Karena hutan raya itu tempat konservasi yang direncanakan untuk di nikmati generasi-generasi berikutnya. Sekali lagi saya minta kepada pihak yang berwajib untuk mengusut tuntas pembalakan liar yang terjadi di hutan raya Megawati Soekarno Putri di Kabupaten Mitra tersebut," tegas mantan ketua DPRD Sulut itu.
    Perlu diketahui Lokasi Kebun Raya dibelah oleh jalan desa selebar 4-6 m. Jalan ini merupakan jalur aktivitas masyarakat menuju areal pertanian, perkebunan dan pertambangan rakyat di daerah perbukitan.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wagub Steven Kecam Pembalakan Liar Rambah Hutan Raya Megawati di Mitra Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top