• Berita Terbaru

    October 05, 2021

    elnusanews/com October 05, 2021

    Walikota Mantiri Terima Kunker Menteri KKP


    BITUNG,Elnusanews -  Wali kota Bitung Ir Maurits Mantiri, MM menerima rombongan kunjungan kerja (Kunker) Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) Sakti Wahyu Trenggono, Selasa (5/9/2021).

    Trenggono mengatakan, jadi kalau mau menangkap ikan para nelayan harus memiliki ijin tangkap. Artinya ijin kouta penangkapan ikan dibatasi mengunakan sistim kouta.

    Menurutnya, aturan ini akan menetapkan kouta ikan yang ditangkap hingga besaran pungutannya.

    "Penangkapan ikan terukur berbasis pada kouta yaitu industri, nelayan tradisional dan hobi pancing. Bagi pihak pihak yang ingin mendapatkan kouta penangkapan ikan akan dikenakan pungutan misalnya penangkapan yang lebih seratus ribu ton yah,"kata Menteri.

    Jadi kata Menteri, kalau mau ambil ikan bisa mengajukan ijin untuk pengambilan kouta, nah berdasarkan kouta itulah nelayan bisa mengambil ikannya. 

    "Hal ini juga sekaligus memastikan nelayan kecil tidak terpinggirkan karena ada kouta penangkapan ikan,"tandasnya.

    Sementara, menangapi hal itu Wali kota Bitung Ir Maurits Mantiri,MM merespon baik kebijakan pemerintah pusat, iabmengatakan pemerintah kota Bitung memantau saja hal tersebut.

    "Iya pantau saja hal ini karena hal tersebut merupakan kebijakan dan kewenangan dari pemerintah pusat,"kata Mantiri.

    Jadi menurutnya, ketika ada dampak kebijakan tersebut kita laporkan saja. "Nah sejauh ini kan realisasi kebijakan tersebut masih tergolong aman-aman saja karena para nelayan dilindungi dengan aturan yang dimaksut,"tandasnya. (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Walikota Mantiri Terima Kunker Menteri KKP Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top