• Berita Terbaru

    October 29, 2021

    elnusanews/com , October 29, 2021

    Pemkot Launching "Kelurahan Hijau" di Kelurahan Kayawu



    TOMOHON,Elnusanews - Pemerintah Kota Tomohon menggelar kegiatan Launching "Kelurahan Hijau" Kota Tomohon di Kelurahan Kayawu, Kecamatan Tomohon Utara, jumat (29/10/2021).


    Gerakan Kelurahan Hijau merupakan gerakan sosial baru dimana memfokuskan pada gerakan pelestarian lingkungan hidup, gerakan kelurahan hijau dan pola hidup rama lingkungan, dan mendorong munculnya inisiatif komunitas dalam suatu masyarakat untuk memperbaiki kualitas lingkungannya mulai dari perubahan gaya hidup bersih, penghijauan kelurahan, pemilahan sampah, penghematan penggunaan air dan melalui aksi bersama. 


    Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH melalui Asisten Umum Drs O D S Mandagi dalam sambutan menjelaskan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, hijau serta sejuk maka kegiatan yang harus dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat adalah penanaman pohon dan bunga serta pengelolaan sampah dengan melakukan kegiatan 3R yakni Reduce (mengurangi) Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (mendaur ulang).


    Dengan demikian akan menjadi kekuatan yang besar bagi seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama membangun komitmen menjaga dan memelihara lingkungan yang hijau agar kita senantiasa sehat dan kreatif, karena tanpa dukungan masyarakat untuk menjadikan lingkungan kita hijau sehat dan sejuk tentu tidak akan berhasil optimal.


    "Kami  berharap seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon dapat mendukung sepenuhnya  program   ini, sehingga kedepan Kota Tomohon tetap bersih, hijau, sehat dan sejuk", tutup Mandagi saat membacakan sambutan Walikota Tomohon.


    Sementara, Ketua TP PKK Kota Tomohon Ny drg Jeand'arc Senduk-Karundeng yang hadir pada kesempatan itu mengatakan

    guna mensukseskan kegiatan ini maka dibutuhkan partisipasi atau peran aktif seluruh masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup dan menyangkut penanganan sampah dan penanaman pohon serta pemeliharaan bibit pohon.


    Launching ini diharapkan mampu menekan laju perubahan iklim dan bisa mengelolah sampah secara maksimal melalui penanganan yang tepat, sehingga lingkungan menjadi lebih asri, nyaman. Diharapkan juga dapat melahirkan destinasi wisata sehingga akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.


    "Kepada seluruh TP PKK di Kota Tomohon, mari kita dukung dan sukseskan program kelurahan hijau agar lingkungan kita, tetap bersih, sehat, hijau dan sejuk", ucap Karundeng.


    Launching Kelurahan Hijau di Kota Tomohon ditandai dengan pemukulan tetengkoren, dilanjutkan penyerahan secara simbolis tong eco-enzyme, kantong sampah dan bibit pohon kepada perwakilan kepala lingkungan/masyarakat dan KSM Ni Mahilekan.

    Dilakukan juga penyerahan bunga kerajinan tangan bahan daur ulang plastik dari TP PKK Kelurahan Kayawu kepada ketua TP PKK Kota Tomohon.


    Sebelumnya Kadis Lingkungan Hidup Kota Tomohon John Kapoh SS MSi sebagai unsur pelaksana kegiatan menjelaskan seiring pertumbuhan populasi penduduk yang semakin meningkat, mengakibatkan jumlah permukiman semakin banyak dan mempengaruhi kelestarian lingkungan hidup. Untuk itu dibutuhkan sebuah inovasi nyata terhadap pengelolaan lingkungan hidup di Kota Tomohon agar permasalahan lingkungan dapat diantisipasi, yaitu dengan menerapkan konsep "Kota Hijau", dan salah satunya adalah dengan adanya kegiatan launching "Kelurahan Hijau" Kota Tomohon di Kelurahan Kayawu.


    Dalam kegiatan tersebut, dilakukan peninjauan Tempat Pengelolaan Sampah - TPS 3R 'Nimahilekan' Kayawu, selanjutnya dilakukan juga penanaman pohon.

    Saat bersamaan Ketua TP PKK Kota Tomohon ikut memantau sekaligus membaur bersama para TP PKK Kelurahan dalam pembuatan bunga dari bahan daur ulang plastik.


    Tampak hadir, unsur OPD termasuk pemerintah Kecamatan se Kota Tomohon, para tokoh agama dan masyarakat, akademisi lingkungan dan pemerhati lingkungan.


    (roker)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkot Launching "Kelurahan Hijau" di Kelurahan Kayawu Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top