• Berita Terbaru

    October 31, 2021

    Elnusanews October 31, 2021

    Uskup Manado Tanam Perdana Sereh Wangi di Desa Tombuluan


    MANADO,Elnusanews -- Uskup Manado Mgr Benedictus Estefanus Rolly Untu, MSC, didampingi Pastor Paroki Kembes Didi Poluan dan, Anggota DPRD Sulut Fabian Kaloh, Minggu, (31/10/21) siang, melakukan kunjungan di Kebun Umat milik Keuskupan Manado, seusai memimpin Misa di Stasi St. Paulus Tombuluan, Paroki Kembes.

    Dikatakan Fabian Kaloh, lahan kebun yang luasnya 13 Ha tersebut disiapkan oleh Umat Stasi untuk menanam Sereh Wangi.

    "Uskup Manado yang diundang Umat ke lokasi tersebut untuk mendoakan dan memberkati lahan yang akan dikelolah Umat," kata personil Komisi I DPRD Sulut ini kepada wartawan.

    Selain dihadiri Pastor Paroki Kembes Didi Poluan dan, Anggota DPRD Sulut Fabian Kaloh, kunjungan Uskup Manado Mgr Benedictus Estefanus Rolly Untu juga didampingi oleh  Herman Umbas yang juga merupakan seorang pengusaha di Jakarta.

    Sebelum melakukan penanaman perdana Sereh Wangi dikatakan Fabian Kaloh, Uskup Manado dan Herman Umbas juga sempat memberikan wejangan kepada Umat.

    "Uskup mendorong umat agar di masa pandemi ini tidak hanya kuat imannya tapi juga harus kuat ekonomi keluarganya. Salah satu cara yaitu bertani/menanam Sereh Wangi. Jangan biarkan tanah kita ini ditumbuhi ilalang yang tidak bermanfaat, kita harus terus semangat dan bekerja keras menjadi petani petani yang sukses," kata Fabian Kaloh mengutip pesan dari Uskup Manado Mgr Benedictus Estefanus Rolly Untu.

    Pada kesempatan yang sama untuk memotivasi umat, Bapak Herman Umbas, berpesan agar kita harus tahu strategi, system dan tata cara menanam dan memelihara Sereh Wangi, memproses menjadi minyak serta bagaimana packaging, bahkan menjualnya.

    Suami dari Sonya Silvana Kembuan SSK juga menambahkan bahwa kami sudah memproduksi minyak Atsiri menjadi sabun dan bahan kosmetik yang nilai jualnya cukup mahal.

    Jadi Herman mengingatkan agar kita harus merencanakan bagaimana tahapan pasca panen. Apa yang akan kita lakukan untuk memproses hasil panen, kita sebaiknya harus punya Pabrik untuk mendestilasi Sereh Wangi Kering menjadi Minyak, sambil mengatakan ; “Jika memang hasil panen disini cukup, maka saya akan pindahkan Pabrik Destilasi yang ada di Sonder kesini," ujar Herman Umbas.

    Lanjut, Herman Umbas yang tau persis bisnis ATSIRI ini berjanji akan membantu Petani dan produsen minyak Sereh Wangi ini untuk mencarikan buyer dari luar negeri, tentu dengan catatan kwalitas minyak Sereh tersebut harus sesuai standart pasar internasional.

    "Sebab jika salah mengelolah Sereh Wangi, maka minyaknya hanya menjadi konsumsi lokal yg harga jualnya murah," tutup Herman Umbas sembari mengingatkan agar umat terus kompak, bersatu, bekerja bersama agar semua proses pengelolaan Sereh Wangi ini akan menghasilkan produk yang berkualitas.

    Turut hadir Pada kesempatan tersebut Kades Tombuluan dan sejumlah tokoh umat lainnya. (RaKa)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Uskup Manado Tanam Perdana Sereh Wangi di Desa Tombuluan Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top