• Berita Terbaru

    October 16, 2021

    elnusanews/com , , , October 16, 2021

    Capaian Sulut di PON Papua Lampaui Target, ODSK: Sulut Semakin Dikenal dan Semakin Disegani



    SULUT,Elnusaanews - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berhasil meraih medali 4 emas, 6 perak dan 11 perunggu pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021. Ini luar biasa! Sebab, target melebih PON sebelumnya pun tercapai. 

    Kemenangan ini adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang patut disyukuri. Di PON XX tahun 2021 tercatat ada torehan prestasi yang membuat Sulawesi Utara berbangga dan bersukacita, torang bisa dan terbukti!

    Gemilangnya Sulut di Bumi Cendrawasih tersebut, tak lepas dari persiapan matang para atlet yang dilatih oleh pelatih secara ketat, tertib dan teratur alhasil memuaskan. 



    Semangat juang membara dan lebih termotivasi ketika Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey memberi perhatian penuh dengan menghadiri secara langsung pembukaan PON XX di tanah Papua yang digelar di Stadion Lucas Enembe, stadion ini terbaik di Asia Pasific. PON Papua ini dibuka oleh Presidon Republik Indonesia Joko Widodo. 

    Hasil membanggakan ini tidak lepas atas kerja keras pengurus, yang setia mengawal para atlet tanpa henti. Di komando Wakil Gubernur Sulut selaku Ketua Umum KONI Sulut Steven Kandouw, Ketua Harian KONI Kolonel Inf Theo Kawatu SIP, Sekretaris Umum Tonny Kullit, Bendahara Umum Alvi Taulu, Ketua Kontingen Marsma TNI Satriyo Utomo. 

    Bahkan, pejabat Pemprov Sulut terkait pun mendatangi tempat pelaksanaan PON Papua, yang dihelat 2-15 Oktober 2021, termasuk pers dan semua yang terlibat di dalamnya. 



    Salut kepada masyarakat Sulut di Papua dan sekitarnya. Yang tak segan mengambil bagian, menjamu, melayani dengan penuh kehangatan. Bahkan di saat bertanding menjadi suporter setia. 

    Takjub memang ketika Sulut melejit masuk pada klasemen tiga atas perolehan medali emas pertama dan kedua dalam cabang olahraga Muaythai. 



    Di dalamnya ada janji hadiah bagi atlet berprestasi. Peraih medali emas akan diganjar Rp200 juta. Bonus tersebut akan diambil dari APBD 2022. 

    Dan, tidak sampai di situ, sekembalinya dari tempat berlaga mereka pun dijemput oleh Gubernur Olly dan Wakil Gubernur Steven, secara istimewa yang selayaknya karena mereka adalah pahlawan yang telah berjuang dan mengharumkan nama Sulawesi Utara di bidang olahraga, di mana telah membuat Sulawesi Utara semakin dikenal dan semakin disegani. Sulut berhasil finis di peringkat 23 PON XX Papua. 



    Sulut sendiri menurunkan 129 atlet yang berjibaku dalam 21 cabang olahraga. Sulut harus bangga. Pasalnya, para atlet ini merupakan asli orang Sulut. 



    Ketua Umum KONI Sulut Steven Kandouw memberi apresiasi atas capaian perolehan medali sementara kontingen Sulut di PON XX Papua. 

    “Cabor muaythai, basket, taekwondo, selam, tinju, layar, pencak silat, karate, paralayang, selam, menembak dan kempo adalah cabang-cabang olahraga penyumbang medali. Ini patut diberikan apresiasi,” ungkapnya. 



    Wakil Gubernur Sulut ini mengaku bangga, karena perolehan medali untuk kontingen Sulut tersebut disumbang oleh para atlet lokal. 

    “Dan tentunya kita syukuri sekarang ini, semua penyumbang medali adalah atlet-atlet lokal Sulut,” tandasnya. 



    Inilah Perolehan Medali Cabang Olahraga: 

    4 MEDALI EMAS, 

    (CABOR MUAYTHAI DAN TINJU) 

    6  MEDALI PERAK 

    (CABOR MENEMBAK, MUAYTHAI, BASKET, SELAM, TERJUN PAYUNG,  TINJU) 

    11 MEDALI PERUNGGU 

    (CABOR MENEMBAK, TAEKWONDO,  MUAYTHAI, PENCAK SILAT, TINJU, SELAM, PARALAYANG, KEMPO, LAYAR, BULUTANGKIS, KARATE) 



    Nama-nama yang berhasil membawa pulang medali: 

    I. 4 MEDALI EMAS 


    1. Angelina Runtukahu (Muaythai) 

    2. Prays Karundeng (Muaythai) 

    3. Michael Juandy Abast (Tinju) 

    4. Farrand Papendang (Tinju) 


    II. 6 MEDALI PERAK 


    1. Fransisca Siagian – Gisella Lasut (Menembak) 

    2. Jehvan Tawaluyan (Muaythai) 

    3. Tim Beregu (Basket) 

    4. Aquinas Miki Wowor (Selam) 

    5. Pingkan Mandagi (Terjun Payung) 

    6. Toar Sompotan (Tinju) 


    III. 11 MEDALI PERUNGGU 


    1. Gisella Lasut (Menembak) 

    2. Hizkia Lesar (Taekwondo) 

    3. Minarty Palangda (Muaythai) 

    4. Mikleyman Manoppo (Pencak Silat) 

    5. Veronica Nicolaas (Tinju) 

    6. Aquinas Miki Wowor (Selam) 

    7. Regi Tampenawas (Paralayang) 

    8. Novelia Gabriella Manuhutu (Kempo) 

    9. Alifah Auralia (Layar) 

    10. Ikhsan Rumbay (Bulutangkis) 

    11. Paolo Maldini Setiamu (Karate) 



    SELAMAT DAN SUKSES.


    (Advetorial Diskominfo Sulut) 


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Capaian Sulut di PON Papua Lampaui Target, ODSK: Sulut Semakin Dikenal dan Semakin Disegani Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top