• Berita Terbaru

    September 23, 2015

    elnusanews/com , September 23, 2015

    Minahasa Dapat Bantuan Dana RTLH dan Kube Capai Rp 3 Miliar

    Minahasa Elnusanews – Kabupaten Minahasa mendapat bantuan dana untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan Kelompok Usaha Bersama (Kube) Keluarga Harapan tahun 2015, mencapai miliaran rupiah.

    Hal ini terungkap saat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menggelar bimbingan teknis tentang rehabilitasi sosial RTLH di Kabupaten Minahasa, bertempat di ruang sidang Kantor Bupati Minahasa, Selasa (22/09).

    Sekretaris Daerah Minahasa Kabupaten Minahasa, Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, soal rincian bantuan ini menjelaskan, bantuan bagi rehabilitasi sosial RTLH di Minahasa mencapai Rp 590 juta dan untuk sarana lingkungan sebesar Rp 50 juta untuk 6 kelurahan.

    “Ada juga dana rehanilitasi sosial RTLH di Kecamatan Mandolang dan Kakas sebesar Rp 400 juta. Ada pula bantuan Kube program keluarga harapan untuk 70 kelompok Rp 1.4 miliyar, Kube perkotaan untuk 25 kelompok sebesar Rp 500 juta,” terang Korengkeng.

    Selain itu dikatakannya, terdapat pula program taman dan program tambahan untuk panti anak dan panti werdha, kegiatan home care untuk lansia, kegiatan asistensi lansia, usaha ekonomi produktif untuk lansia, kegiatan bedah rumah lansia, asistensi sosial orang cacat dan keluarga harapan untuk keluarga sangat miskin serta program simpanan keluarga sejahtera.

    “Maka dari itu, semua program ini kiranya dimanfaatkan serta diatur dengan baik sesuai prosedur dan juga tepat sasaran agar benar-benar dapat meningkatkan hakekat kehidupan masyarakat menuju pada kesejahteraan,” ujarnya.
    Kepala Dinas Sosial Kabupaten Minahasa, Royke Kaloh SH menambahkan, program rehabilitasi sosial RTLH ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2011 lalu, dimana program ini teralokasi pada 6 Kelurahan di 3 Kecamatan di Tondano Raya yakni, Kelurahan Makalonsow, Kiniar, Taler, Wulauan, Sumalangka dan Rinegetan.

    “Mekanisme pelaksanaan program ini melalui usulan/ permohonan pemerintah Kelurahan kepada Bupati melalui Kepala Dinsos, kemudian bidang teknis akan melakukan verifikasi lapangan sebelum diajukan ke Kemensos RI setelah mendapatkan rekomendasi dari Dinsos Provinsi Sulut,” terang Kaloh, didampingi Plt Kasie Bansos Dinsos Minahasa, Roger Tangkulung.

    Sementara, Pejabat Kementerian Sosial RI Direktur Penanggulangan Kemisikinan Perkotaan, Drs Pepen Nazaruddin MSi, yang turut hadir dalam kegiatan ini didampingi Kasubid Penataan Sosial Lignkungan Kumuh, Dra R R Etty Rachmiati MSi juga berharap kepada peserta agar kiranya program-program yang ada ini boleh disalurkan dengan benar dan memberikan konstribusi positif dalam rangka penanggulangan kemiskinan nasional, khususnya di Kabupaten Minahasa.

    Hadir dalam kegiatan ini, para Camat se-Tondano Raya serta seluruh Lurah-lurahnya dan tenaga sukarelawan Kecamatan.(Jeffry)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Minahasa Dapat Bantuan Dana RTLH dan Kube Capai Rp 3 Miliar Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top