• Berita Terbaru

    September 29, 2015

    elnusanews/com , September 29, 2015

    Warga Kawanua di Amerika, Bentuk Sanggar Kesenian Manado

    AMERIKA,Elnusannews -Tepatnya di Kota Rialto di kediaman Keluarga Taroreh di Provinsi California USA, sebanyak 11 warga masyarakat yang berasal dari Manado dan yang sudah berdomisili di Amerika merasa terpanggil untuk melestarikan Budaya Kesenian dan Pariwisata dari Negeri Nyiur Melambai, Minggu (27/9).

    Acara kumpul-kumpul ini ternyata membuahkan suatu hasil yang dianggap baik dan positif. Acara pertemuan ini diawali dengan doa oleh Johanis Wowor yang berasal dari Kota Tomohon. Kemudian Pembacaan Visi dan Misi Sanggar Kesenian Manado oleh Sekretaris Freddie Maramis yang dilanjutkan dengan brainstorming.

    Sebelum dibacakanya Deklarasi dari Sanggar Kesenian Manado atau yang disingkat dengan sebutan SKM dengan motto WALE PINASUGKULAN NE TOU MINAHASA(PEMELIHARA BUDAYA LUHUR MINAHASA),

    Ketua umum terpilih Welly Rey dalam sambutannya, menginginkan agar sanggar ini bisa menjadi organisasi yang bertumbuh positif dan mempunyai kerja nyata dan mampu menciptakan keharmonisan diantara masyarakat asal Manado Sulawesi Utara yang merantau di USA melalui sarana kesenian.

    “Kita akan upaya bekerja sama dengan Perintah Sulawesi Utara serta Kabupaten/kota yang ada,”kata Welly Rey kepada wartawan elnusanews.com menerima pesan reles langsung dari USA.

    Sekretaris SKM Freddie Maramis putera asal Desa Touliang Oki, Minahasa ini menambahkan, bahwa dengan terjalinnya hubungan dengan Pemerintah Propinsi serta Kabupaten/kota yang ada di Sulut maka apabila ada kunjungan tim kesenian SKM akan berupaya membantu.

    “Kami ingin juga agar generasi muda kami yang ada di Amerika akan lebih mengenal budaya leluhur mereka,”ungkap Freddie Maramis. 

    Hal menarik di dalam rapat tersebut adalah keributan kecil yang dibuat para kaum wanita sebab ternyataan para ibu-ibu ini sangat bersemangat dan antusias atas berdirinya Sanggar Kesenian Manado (SKM) ini.

    “Kami senang sebab ternyata kami akhirnya mempunyai suatu wadah untuk bisa mencurahkan rasa kecintaan kami terhadap Budaya dari Manado dan bisa mulai mengajarkan dan memperkenalkan Kebudayaan dari tanah leluhur mereka ke anak-anak generasi mudah yang sudah hampir tidak kenal lagi dengan budaya leluhur,”Ungkap Christine Ebby.

    Maramis yang mendapat support dari suaminya Oscar Matulessia . Pertemuan dilanjutkan dengan pemilihan ketua ketua bidang dan rencana kerja jangka pendek maupun panjang. Suasana pertemuan berjalan dengan nuansa kekeluargaan dan di selingi dengan cerita cerita lucu pada masa mereka masih dibangku Sekolah Dasar atau jaman dulu disebut Sekolah Rakyat di kota Manado dan sekitarnya. Komposisi pengurus SANGGAR KESENIAN MANADO (SKM) yang terbentuk adalah ketua umum Welly Rey, Sekretaris Freddie Maramis, Bendahara  Joula Mawikere dan ketua ketua bidang lainya yang membawahi YAKNI bidang sosial, HUMAS, Kesenian, Media/Promosi dan Pariwisata seperti disampaikan oleh Hence Karamoy bidang media. Pertemuan ini ditutup dengan doa yang di pimpin oleh . Dekky Lintuuran tuama Remboken. (REGO)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Warga Kawanua di Amerika, Bentuk Sanggar Kesenian Manado Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top