• Berita Terbaru

    September 29, 2015

    elnusanews/com September 29, 2015

    Brigade Manguni Indonesia Sukses Menggelar Parade Budaya Nusantara 2015

    Penjabat Gubernur Sulut, DR Soni Sumarsono MDM, saat mengikuti Apel Wangko Brigade Manguni Indonesia
    MANADO,Elnusanews – Sebanyak kurang lebih 500 ratus anggota Brigade Manguni Indonesia melakukan Apel Wangko pada Selasa (29/09) sore tadi, di lapangan Koni Sario Manado. 

    Acara yang diprakarsai oleh Brigade Manguni Indonesia tersebut bertujuan agar semua komunitas budaya indonesia bisa bersatu dalam rangka mempertahankan kebudayaan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam kesempatan tersebut Walikota Manado G S Vicky Lumentut dalam sambutannya selaku pemerhati adat mengucapkan banyak terima kasih kepada Dewan Pimpinan Tonaas (DPT) Brigade Manguni Indonesia, Tonaas wangko Decky Maengkom serta seluruh jajarannya karena bisa menyelenggarakan Apel Siaga Brigade Manguni Indonesia yang dirangkaikan dengan Pawai Budaya Indonesia. 

    Lumentut juga mengatakan bahwa bangsa yang besar bukan hanya menghormati dan menghargai para pahlawan, akan tetapi kita juga harus menghormati dan menghargai akan kekayaan budaya kita di republik indonesia. “Indonesia adalah bangsa yang besar, bukan hanya menghormati dan menghargai para pahlawan, akan tetapi kita juga harus menghormati dan menghargai akan kekayaan kebudayaan kita”, Ujarnya. 

    Senada dengan Walikota Manado, Penjabat Gubernur Sulawesi Utara DR Soni Sumarsono MDM menandaskan bahwa kegiatan kebudayaan seperti ini mempunyai nilai penting dan strategis. Kesediaan dari saudara-saudara untuk memelihara tradisi silaturahmi yang konstruktif ini, menjadi bukti dan komitmen dari warga Sulut untuk terus meningkatkan dan memantapkan kontribusi positif bagi pembangunan kebudayaan bangsa dan negara tanpa terjebak dalam seremonial premordialis. 

    Sementara itu, ketua Dewan Pimpinan Tonaas (DPT) Brigade Manguni Indonesia, Tonaas wangko Decky Maengkom mengungkapkan brigade manguni merupakan representasi dari masyarakat minahasa. Menurutnya di indonesia ada 5 suku kebudayaan besar, diantaranya suku Dayak, suku Bali, suku Banten dan Makassar. Maengkom juga mendesak kepada DPRD Provinsi Sulut untuk segera dibuatkan sebuah Peraturan Daerah bagi para investor untuk wajib berinvestasi di Sulut. Hadir dalam kegiatan tersebut calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta para koordinator wilayah (Korwil) brigade manguni yang ada di setiap daerah yang ada di indonesia.(RAKA)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Brigade Manguni Indonesia Sukses Menggelar Parade Budaya Nusantara 2015 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top