• Berita Terbaru

    November 11, 2019

    elnusanews/com November 11, 2019

    Desa Waleo Dukung Mumbunan Maju Pilbup 2020

    MINUT, Elnusanews -- Upaya Dr.Ir. Carry Mumbunan untuk menangkap permasalahan yang dialami masyarakat sekaligus mendalami potensi wilayah pedesaan sekaligus mensosialisasikan diri tidak bisa dipandang sebelah mata.

    Pasalnyan menjelang kontestasi Pilkada Minut, pria berkumis ini meski beraktivitas diperantauan, masih terus rajin turun langsung menyapa warga Minut digaris terdepan.
    Setelah beberapa waktu lalu meninjau keadaan di ujung pulau Sulawesi dan daerah kepulauan di Kecamatan Wori,kali ini Carry kembali menyita perhatian warga pesisir selatan Minut, yaitu di Desa Waleo Kecamatan Kema.

    Bersama sejumlah sesepuh dan para lansia, Carry bertukar pikiran tentang keberadaan Desa Waleo dan sekitarnya. Pola tanya-jawab layaknya diskusi keluarga ayah dan anak, rupanya membuat warga setempat merasa nyaman mengeluarkan isi hati
    kepada Putra Tonsea yang dikenal dengan slogan "Manjo Beking Minut Lebe Bagus" ini.
    Salah seorang tokoh masyarakat, Pak Rorong membeberkan upaya
    masyarakat mempertahankan budaya Tonsea di Desa Waleo Kecamatan Kema, sebagai salah satu Desa Adat dibumi Nyiur Melambai.

    "Objek-objek wisata yang belum terjamah Pemerintah seperti Bukit Konde yang menurut warga sangat layak untuk menarik wisatawan lokal dan internasional dimana lokasi bukit yang mempunyai pemandangan yang bagus," ujar Rorong yang pernah menjabat Hukumtua Waleo itu.

    Perlu diketahui, Bukit Konde merupakan salah satu daya tarik pelancong dapat menambah PAD dan penghasilan warga lokal.  Ada juga harapan agar para lansia bisa mendapatkan insentif yang dahulu pernah diterima tapi saat ini sudah tidak jelas lagi ada atau tidak.

    "Kalu Pak Mumbunan jadi bupati, kase hidop ulang itu bantuan for lansia," pungkas Pak Rorong.

    Pemikiran produktif lainnya datang dari Ibu Maria R yang mengusulkan adanya
    perbaikan  jalan ke kebun serta sarana air bersih yang dibutuhkan dapat ditarik dari bukit berjarak sekitar 7 kilometer dari perkampungan serta usulan bagaimana upaya menyiram tanaman produktif dimusim kemarau dari sejumlah petani yang diyakini akan mampu meningkatkan daya tahan dan produktivitas tanaman.
    Yang menarik justru setelah melakukan perbincangan, sejumlah warga yang hadir berharap agar Putra Tonsea ini maju sebagai Calon Bupati Minut dalam Pilkada mendatang.

    Menurut mereka cara berpikir, latar belakang pendidikan dan komitmen untuk membangun, menurut mereka sudah sangat layak untuk bertarung sebagai papan satu,

    "Pak Carry bacalon Bupati Minut jo,wawasan luas deng pengalaman banya maar  Pak Carry tetap sosok sederhana dan menghargai torang yang so tua tanpa membedakan latar belakang,terima kase so diskusi  kong makan siang sama sama,"ujar para lansia yang hadir.

    Carry merasa terharu sekaligus bangga atas  masukan para sesepuh ini. "Keinginan saya tulus untuk beking Minut lebe bagus, usulan dan harapan bapak dan ibu sekalian membuat saya lebih bersemangat menawarkan perubahan", tutup Mumbunan. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Desa Waleo Dukung Mumbunan Maju Pilbup 2020 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top