• Berita Terbaru

    November 13, 2020

    elnusanews/com November 13, 2020

    Tak Naikkan UMP Sulut 2021, MJP Layangkan Protes Ke Pjs Gubernur



    DEPROV,Elnusanews -- Tidak naiknya Upah Minimun Provinsi (UMP) Sulawesi Utara (SULUT) di tahun 2021 menuai protes keras dari Anggota DPRD Provinsi Sulut Melky Jakhin Pangemanan (MJP).


    Protes keras pun dilayangkan personil Komisi IV ini pada saat Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepakatan bersama antara DPRD dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terhadap Rancangan KUA dan PPAS APBD Provinsi Sulut Tahun Anggaran 2021 serta dalam rangka Penyampaian/Penjelasan Gubernur Sulut terhadap Ranperda Tentang Penegakan Hukum Protokol Kesehatan CVD 2019,Kamis (12/11/20) kemarin.

    Dalan interupsinya, MJP mendapatkan informasi bahwa Tiga unsur di Dewan Pengupahan setuju untuk menaikan UMP. Hanya satu yang tidak ingin UMP dinaikkan, bahkan Pjs Gubernur ngotot agar tidak dinaikkan dan faktanya demikian.

    MJP pun menyesalkan pernyataan Pjs Gubernur yang mengatakan bahwa dasar pertimbangannya adalah aturan Undang Undang.

    "Sepengetahuan saya bahwa dasar pertimbangan UMP tetap sama seperti tahun 2020 adalah Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan yang menyatakan penetapan nilai Upah Minimum Provinsi (UMP) Tahun 2021 sama dengan nilai upah 2020," tegas MJP

    Padahal dikatakan MJP, surat edaran tersebut tak memiliki kekuatan mengikat dalam menetapkan kenaikan Upah Minimum Provinsi, Kabupaten/Kota, atau Sektoral, 

    "Tapi Pjs Gubernur menjadikan surat ini sebagai senjata untuk tidak menaikkan UMP di Sulut," tukasnya.

    Menurutnya, banyak ekonom menilai imbas dari tidak adanya kenaikan upah tahun depan akan merembet pada anjloknya daya beli masyarakat dan berujung terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tak kunjung membaik.

    " Saya heran apa yang menjadi pertimbangan Pemerintah provinsi untuk tidak menaikkan UMP kita padahal beberapa provinsi menaikan UMP nya. Seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Jawa Timur dan DIY," tandasnya. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tak Naikkan UMP Sulut 2021, MJP Layangkan Protes Ke Pjs Gubernur Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top