• Berita Terbaru

    November 20, 2020

    elnusanews/com , , November 20, 2020

    Bappenas Dorong Percepatan Infrastruktur Pendukung KEK Bitung untuk Pemulihan Ekonomi

    SULUT ,Elnusanews - Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Himawan Hariyoga mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, Rabu (18/11/2020).

    Kunjungan ini menjadi bagian Kunjungan Kerja Menteri PPN/Kepala Bappenas bersama Gugus Tugas Kementerian PPN/Bappenas untuk menyiapkan transformasi ekonomi Provinsi Sulawesi Utara yang diagendakan berlangsung 16-19 November 2020.

    Bappenas turun langsung ke lapangan untuk memastikan langkah-langkah

    tepat untuk pemulihan ekonomi dan reformasi sosial untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19.

    “Kira-kira, sudah sejauh mana pencapaian target-target nasional maupun daerah, terutama pada proyek-proyek strategis yang sudah direncanakan untuk dipercepat, namun karena adanya pandemi Covid-19, maka semuanya tertunda,” sebutnya.

    “Melalui KEK Bitung yang dibangun untuk mendukung kegiatan ekonomi, terutama di Sulawesi Utara, investor diharapkan bisa masuk ke dalam satu KEK dan

    memperoleh berbagai fasilitas yang tidak ada di luar kawasan KEK itu sendiri,” jelas Sesmen Himawan.

    Kementerian PPN/Bappenas mendorong percepatan infrastruktur pendukung yang masuk di dalam KEK Bitung, seperti tol Manado-Bitung yang ditargetkan rampung di 2021, serta Pelabuhan Hub Internasional Bitung dan Pelabuhan Perikanan

    Samudera Bitung yang saat ini saling terpadu.

    “Kami berharap KEK ini dapat berkontribusi terhadap sektor industri melalui  penyerapan tenaga kerja, kegiatan ekspor sebagai sumber devisa negara, dan infrastruktur pendukung seperti jalan tol dan pelabuhan yang dibangun untuk pertumbuhan ekonomi Bitung,” tandasnya.

    Saat ini, pelabuhan Bitung sudah memenuhi standar kedalaman yang memadai untuk layanan internasional, terbukti dari komoditas dan sektor unggulan di Bitung yang menjadi andalan komoditi ekspor, baik sektor perikanan, pertanian, dan industri.

    “Kami berharap Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dapat mendukung penuh pengembangan KEK Bitung ini, termasuk di dalamnya Pelabuhan Hub Internasional Bitung dan pelabuhan perikanan samudera karena KEK Bitung dan pelabuhan ini saling terpadu,” pungkas Sesmen Himawan.

    Himawan turut didampingi Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas Leonardo Tampubolon

    dan Kepala KSOP Kelas II Bitung Mursidi.

    Tim Bappenas juga mengunjungi pelabuhan Hub Internasional Bitung juga lokasi hasil perikanan di pelabuhan perikanan Samudera Bitung

    bersama Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Amalia

    Adininggar Widyasanti, Direktur Industri, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Teguh Sambodo.


    (ROKER/*)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bappenas Dorong Percepatan Infrastruktur Pendukung KEK Bitung untuk Pemulihan Ekonomi Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top