• Berita Terbaru

    November 26, 2020

    elnusanews/com November 26, 2020

    SIREKAP Diperkenalkan KPU, 15 Daerah Jadi Uji Coba Nasional


    MANADO,Elnusanews -- Pemilihan Tahun 2020 yang berlangsung pada masa pandemic covid-19 saat ini membutuhkan inovasi penggunaan teknologi informasi dalam proses rekapitulasi sangat penting untuk menjamin masyarakat mendapatkan informasi hasil penghitungan suara dan rekapitulasinya secara lebih cepat saat pemilihan yang diselenggarakan pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. 

    Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) dirancang dan diperkenalkan KPU untuk merekapitulasi hasil pemungutan suara pada Pilkada 2020 menjadi alat bantu penghitungan dan rekapitulasi suara pada Pilkada 2020. 

    Dalam rangka penyelenggaraan Tahapan Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Perolehan Suara serta Penggunaan Aplikasi Rekapitulasi Penghitungan secara Elektronik (SIREKAP) pada Pemilihan Tahun 2020, maka KPU Provinsi Sulut bersama-sama dengan 15 KPU Kabupaten/Kota se-Sulut menyelenggarakan Uji Coba Nasional Rekapitulasi Perolehan Suara secara berjenjang.

    Diungkapkan Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, mulai Selasa sampai dengan Kamis tanggal 24-26 November 2020 KPU Sulut bersama semua jajaran KPU Kabupaten/Kota serta beberapa PPK, PPS dan KPPS menyelenggarakan kegiatan ujicoba rekapitulasi perolehan suara secara berjenjang dari Tingkat TPS sampai Tingkat Provinsi.

    Kegiatan Ujicoba ini mendapat dukungan dari Pemerintah Sulawesi Utara sebagai Pemerintah Daerah tentunya kami memberikan dukungan penuh kepada penyelenggara Pemilihan Tahun 2020 dalam hal ini KPU Provinsi Sulawesi Utara beserta jajarannya dalam menyelenggarakan pemilihan tahun 2020 pada masa pandemic ini, sehingga kesukseskan dari pemilihan tahun ini adalah juga merupakan kebanggaan seluruh rakyat Sulawesi Utara, 

    demikian disampaikan Pj. Gubernur Sulawesi Utara Dr. Drs. Agus Fatoni MSi. yang hadir langsung di Kantor KPU Kota Kotamobagu menyaksikan pelaksanaan simulasi pada hari Rabu, 25 November 2020.

    Sementara itu, menurut Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Provinsi Sulawesi Utara Yessy Momongan, Msi. bahwa kegiatan ujicoba ini dimaksudkan agar jajaran penyelenggara khususnya diwilayah kerja KPU Provinsi Sulawesi Utara mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, PPK, PPS dan petugas di TPS dapat memahami penggunaan Sirekap sehingga kesalahan penghitungan dan rekapitulasi suara dapat diminimalisasi. 

    "Secara teknis kegiatan uji coba ini dilakukan bagi daerah yang melakukan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota Wakil Wali Kota simulasi dilaksanan untuk semua jenis pemilihan," kata Yessy

    Dalam Ujicoba ini masing-masing Kabupaten/Kota melakukan ujicoba pada 12 (dua belas) TPS dengan mekanisme simulasi pengisian Formulir Model C Hasil-KWK Simulasi oleh petugas KPPS secara manual, dilanjutkan dengan proses Foto Dokumen sampai dengan proses pengiriman hasil foto Formulir Model C. Hasil-KWK Simulasi ke Server Sirekap Pemilihan 2020 menggunakan Aplikasi Sirekap Mobile (versi Beta). Setelah Proses Sirekap Mobile oleh yang bertugas sebagai KPPS dilanjutkan dengan Proses Rekapitulasi Tingkat Kecamatan oleh yang bertugas sebagai PPK, Tingkat Kabupaten/Kota dan Tingkat Provinsi dengan menggunakan Aplikasi Sirekap Web.

    Adapun setiap tahapan proses Rekapitulasi menggunakan Sirekap Mobile dan Sirekap Web sebagai alat bantu, dapat dipantau secara langsung perkembangan proses input data oleh KPU RI. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: SIREKAP Diperkenalkan KPU, 15 Daerah Jadi Uji Coba Nasional Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top