• Berita Terbaru

    May 06, 2021

    elnusanews/com , May 06, 2021

    Jeand’arc Karundeng Terpilih Jadi Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tomohon

    TOMOHON,Elnusanews - Musyawarah Cabang III Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Tomohon yang bertempat di Taman Wisata Alam Tomohon resmi dibuka oleh Walikota Tomohon yang juga Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. dan musyawarah ini ditutup oleh Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E.

    Pada musyawarah ini drg. Jeand’arc Karundeng resmi terpilih menjadi Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tomohon dan Fentje Goni S.H. menjadi Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tomohon

    Walikota Tomohon dalam sambutannya menyampaikan
    musyawarah cabang ke-3 gerakan pramuka kota tomohon tahun 2021 yang boleh diselenggarakan hari ini adalah momentum strategis bagi kita semua untuk memulai lagi sesuatu yang telah lama dinantikan bukan hanya anggota pramuka tapi juga pemerintah dan masyarakat kota tomohon. muscab ini akan menjadi awal langkah yang baru bagi kita semua untuk menunjukkan eksistensi gerakan pramuka di kota tomohon.

    "Esensi musyawarah cabang sebagaimana kita ketahui bersama adalah wadah untuk menentukan arah kebijakan organisasi gerakan pramuka di tingkat cabang lewat program kerja sekaligus wadah konstitusional untuk memilih kepengurusan yang baru di kwarcab kota tomohon. sehingga besar harapan kami pemerintah kota tomohon agar gelaran musyawarah cabang saat ini dapat menyusun program kerja yang baik dan menjawab kebutuhan segenap anggota gerakan pramuka di kota tomohon sekaligus juga dapat memilih dan menyusun kepengurusan yang baru yang bisa melaksanakan arah kebijakan dan program kerja kwarcab. Sebagaimana kita ketahui bersama, kota tomohon pernah menjadi barometer kemajuan pembinaan kepramukaan di sulawesi utara. saya selaku walikota yang adalah juga ketua majelis pembimbing cabang gerakan pramuka di kota tomohon menaruh harapan besar kepada kakak-kakak sekalian yang nantinya dipercayakan sebagai pengurus kwarcab masa bakti 2021-2026 untuk mengembalikan masa-masa terbaik tersebut," imbuhnya.

    Lanjutnya, Pemerintah kota Tomohon membutuhkan sinergitas dengan semua stakeholder termasuk didalamnya pengurus kwartir cabang kota tomohon untuk bersama-sama membangun dan mewujudkan kota tomohon yang hebat. Semangat trisatya dan dasa dharma pramuka hendaknya selalu menjadi landasan bergerak dan bertindak bagi segenap insan pramuka di kota tomohon. dan yakinlah kita dapat bersama-sama membuat dunia ini lebih baik disaat kita meninggalkannya, sebagaimana pesan bapak pandu dunia lord baden powell," ungkap Walikota Caroll.

    "Pramuka merupakan kawah candradimuka pembentukan karakter generasi indonesia yang berlandaskan pancasila dan dapat menjadi solusi dalam hal menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan bela negara. terlebih kita masih dihadapkan dengan berbagai masalah radikalisme, terorisme, dan tingginya kriminalitas terlebih dimasa pandemi covid-19 ini. sehingga peranan gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal yang dapat membentuk karakter bangsa, menanamkan semangat kebangsaan, serta meningkatkan keterampilan generasi muda yang menghimpun berbagai suku bangsa, agama dan kepercayaan jelas merupakan kekuatan sebagai perekat bangsa. dan untuk itu kita harus  sama-sama bekerja dan bekerja bersama-sama dalam menghadapi berbagai persoalan tersebut serta membantu menanggulangi bencana covid-19 ini yang sampai saat ini menjadi masalah besar bangsa indonesia bahkan diseluruh dunia.
    Gerakan pramuka tidak boleh kendur dan tetap semangat dalam upaya membina generasi muda serta melakukan inovasi-inovasi baru. pramuka harus selalu peduli terhadap masyarakat sekitar, peduli terhadap kepentingan sesama dan harus saling membantu dalam menyelesaikan masalah bersama. Beberapa upaya gerakan pramuka dalam membantu pemerintah untuk menangani covid-19 yaitu ikut mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan tubuh, termasuk rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bila berpergian ke luar rumah, dan menjaga jarak di keramaian, yang pada intinya juga harus mematuhi protokol kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah," ungkapnya.

    Selanjutnya peran partisipasi gerakan pramuka kota tomohon dalam hal bela negara yakni nasionalisme yang tinggi, kesetiaan terhadap pancasila, anti terorisme dan sara. oleh karena itu gerakan pramuka harus diarahkan pada pemantapan gerakan untuk memperkuat karakter bangsa. “karakter dan watak bangsa yang unggul akan mampu mempertahankan nilai-nilai bangsa. pemantapan tersebut dilakukan pada 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu pancasila, uud 1945, nkri, dan bhineka tunggal ika. melalui gerakan pramuka ini diharapkan dapat melahirkan pemimpin di masa yang akan datang. tentu kami menyambut baik digelarnya musyawarah cabang pramuka. hal ini menandakan mekanisme organisasi telah berjalan dengan baik.

    Wakil Walikota saat menutup musda ini mengucapkan atas terpilihnya ibu Jean d'arc Senduk- Karundeng sebagai Ketua Kwarcab Kota Tomohon. Selanjutnya Wawali mengatakan
    Semoga musyawarah cabang ke-3 gerakan pramuka kota tomohon tahun 2021 yang sudah terlaksana ini bisa berjalan dengan lancar dan ditandai dengan tersusunnya arah kebijakan dan program-program prioritas organisasi gerakan pramuka serta menghasilkan kelengkapan struktur  kepemimpinan/kepengurusan yang akuntabel, kredible dan siap berdinamika, berkolaborasi dan bersinergi dengan semua komponen yang ada, sehingga akan menjadikan kepengurusan solid dan kompak serta mampu bersinergi dengan program pemerintah kota tomohon.

    "Kita menyadari bersama bahwa dalam proses musyawarah pasti terjadi perbedaan pendapat. namun merupakan tindakan bijak dan arif, bila kita menjunjung tinggi dan menghargai pendapat itu sebagai wahana untuk penyempurnaan keputusan, agar sesuai dengan sasaran dan tujuan yang hendak dicapai. mudah-mudahan ini akan mampu membawa organisasi pramuka kota tomohon selalu terdepan dan lebih baik sebagai garda terdepan  perubahan dalam penumbuhan karakter bagi generasi muda," tandas wawalikota  WL itu.

    Musyawarah ini dihadiri oleh para pengurus dan anggota Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tomohon.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jeand’arc Karundeng Terpilih Jadi Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tomohon Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top