• Berita Terbaru

    November 15, 2020

    elnusanews/com November 15, 2020

    Wilayah Kepulauan Jadi Prioritas Pendistribusian Surat Suara Pilgub Sulut Oleh KPU


    MANADO,Elnusanews -- Surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulut secara resmi didistribusikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).


    Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor KPU, Minggu (15/11/20)siang tersebut dihadiri oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dan jajaran, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi, Sekretaris KPU Sulut Pujiastuti dan jajaran, Bawaslu Sulut, KPU dan Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sitaro.

    Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengatakan, kesempatan distribusi perdana ini kita mulai dengan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

    “Kita memang menyusun prioritas daerah yang kita dahulukan apalagi memasuki keadaan cuaca tidak menentu dibulan-bulan ini kondisi geografisnya di daerah kepulauan itu lebih sulit.” ujar Mewoh

    Mewoh pun bersama tim menargetkan sejak awal wilayah kepulauan itu didahulukan dan itu sudah kita lakukan.

    "Kita memang serius sungguh-sungguh mendistribusikan logistik pemilihan terutama logistik surat suara tepat waktu.”ungkap Mewoh

    Lebih lanjut kata Mewoh, untuk Gelombang pertama kita dahulukan kepulauan, gelombang kedua nanti untuk 12 kabupaten/kota yang ada di wilayah darat.

    “Kita targetkan 21 November 2020 surat suara sudah ada di Manado dan seterusnya diteruskan ke kabupaten/kota. Dan di targetkan 22 November 2020 surat suara itu sudah ada di kabupaten/kota. Sejauh ini masih dengan tahapan dan waktu yang kita susun.” jelasnya.

    Sementara itu, Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengatakan, untuk distribusi surat suara dari provinsi ke kabupaten/kota bagaimana ketentuannya dari aparat kepolisian menjamin sebagaimana proses pendistribusian itu aman.

    “Untuk itu setiap kali proses pengiriman mulai dari percetakan sampai dengan kita mengirim ke kabupaten/kota dilakukan pengamanan dan pengawalan dari pihak kepolisian. Itu mekanisme yang sudah kita buat dan disepakati bersama.” tandasnya.

    Diketahui, pengerjaannya dilakukan oleh PT. Temprina Media Grafika Gresik Jawa Timur, sebagai penyedia. Perusahaan jasa ini juga menjadi penyedia yang mencetak surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota di Sulut.

    Rincian jumlah kertas suara sbb:

    a. Kab. Kep Talaud

    1) jumlah kertas suara 71.266 lembar kertas suara
    2) jumlah keseluruhan 36 box ( 35 box terisi @2000 kertas suara)
    3) terdapat 1box yang isinya 1266 lembar kertas suara

    b. Kab. Kep sangihe

    1) jumlah kertas suara 108.992 lembar kertas suara
    2) jumlah keseluruhan 55box ( 34 box terisi @2000 kertas suara)
    3) terdapat 1box yang isinya 992 lembar kertas suara

    c.Kabupaten Kep. Sitaro

    1) jumlah kertas suara 54.122 lembar kertas suara
    2) jumlah keseluruhan 28 box ( 27 box terisi @2000 kertas suara)
    3) terdapat 1box yang isinya 122 lembar kertas suara. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wilayah Kepulauan Jadi Prioritas Pendistribusian Surat Suara Pilgub Sulut Oleh KPU Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top