• Berita Terbaru

    April 12, 2021

    elnusanews/com , April 12, 2021

    Ajukan Pinjaman PEN 300 M ke Kemendagri, Caroll Harap Proposal Ini Disetujui

    JAKARTA,Elnusanews - Walikota Tomohon Caroll Senduk melakukan  konsultasi dan menyerahkan Proposal Pinjaman PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) Daerah ke Kementerian Dalam Negeri RI maupun ke Kementerian Keuangan RI, Senin, 12 April 2021 di Jakarta.

    Konsultasi ke kementerian Dalam Negeri RI, Walikota diterima langsung oleh Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan pinjaman daerah, Ibu Marisi Parulian.


    Di hari yang sama juga Walikota Caroll Senduk melakukan konsultasi ke Kementerian Keuangan RI dan diterima langsung oleh Direktur Kapasitas dan Pelaksana Transfer, Bhimantara Widyajala didampingi Dudi Hermawan selaku Kasubdit Pembiayaan dan Penataan Daerah.

    Walikota Caroll mengatakan pengajuan proposal PEN ini adalah salah satu usaha dirinya dan wakil walikota Wenny Lumentut selaku Walikota dalam rangka menopang realisasi program-program  untuk terwujudnya visi misi. "Semuanya demi kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon," ujar Walikota Caroll Senduk.


    Lanjut Senduk, besaran pinjaman PEN yang kami ajukan adalah sebesar 300 Milyar, berbentuk pinjaman kegiatan. "Dimana dana tersebut meliputi kegiatan di hampir semua link sektor, seperti kesehatan (penambahan fasilitas rawat jalan dan fasilitas lainnya di RSUD). Pendidikan, Pengembangan budaya dan peralatan IT di lingkungan sekolah-sekolah) dan PU (Pengembangam jalan dan jembatan, pembangunan IPAL, normalisasi sungai, pembangunan SPAM dan drainase perkotaan) serta permukiman (perbaikan rumah tinggal layak huni) dan sektor-sektor lainnya seperti pariwisata, lingkungan hidup dan lain-lain," tutur Walikota pilihan rakyat Tomohon itu.


    Walikota berharap proposal ini akan disetujui sehingga dapat segera direalisasikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


    Direktur Fasilitasi Dana perimbangan dan pinjaman daerah Kemendagri mengatakan

    pada prinsipnya Kemendagri menunggu persetujuan dari Kemenkeu dan dalam waktu paling lambat 3 hari setelah persetujuan dari Kemenkeu, dan akan diterbitkan surat rekomendasi dari Kemendagri untuk pemberian pinjaman PEN.


    Direktur Kapasitas dan Pelaksana Transfer juga

    berharap, apabila permohonan ini telah disetujui dan diproses, kiranya dalam panfaatan dana ini agar dipergunakan dengan sebaik-baiknya sesuai ketentuan yang berlaku untuk kepentingan masyarakat, serta hindari penyalahgunaan, karena apabila disalahgunakan akan berhadapan dengan hukum.


    Selain itu kata dia, karena pinjaman ini berbentuk pinjaman kegiatan,maka diharapkan dalam pelaksanaannya lebih memberdayakan tenaga kerja lokal, dan bahan bakunya diambil dari hasil-hasil lokal. Karena salah satu tujuan dari pinjaman PEN ini adalah untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat, serta mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat akibat covid-19.


    Turut mendampingi Walikota dalam konsultasi ini, Kepala BPKPD, Drs. Gerardus Mogi, MAP, Kabag Prokopim: Christo Kalumata, SSTP, Kabid Perbendaharaan BPKPD, Dani Liuw


    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ajukan Pinjaman PEN 300 M ke Kemendagri, Caroll Harap Proposal Ini Disetujui Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top