• Berita Terbaru

    January 04, 2023

    elnusanews/com January 04, 2023

    Pemilihan Ketua PWI Tomohon Tercoreng, LO Partai Golkar Masuk Daftar Pemilih



    TOMOHON,Elnusanews - Pemilihan Ketua PWI Tomohon periode 2022-2025 tercoreng. Terlihat dari sejumlah kejanggalan yang terjadi kala pemilihan Ketua PWI Tomohon dalam Konferensi Kota ke-III PWI Tomohon, Jumat (30/12/2022).

    Sejumlah peserta menyayangkan andil PWI Sulut yang turut menunjukkan tanda-tanda kejanggalan dimaksud.

    Di antaranya, menerbitkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mengakomodir seorang pengurus salah satu Parpol Kota Tomohon. Atas nama Stenly Lasut yang diketahui aktif mengikuti dan mewakili Partai Golkar (sebagai Liaison Officer) dalam sejumlah agenda Sosialisasi oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Tomohon.

    Terkait hal ini, Wakil Ketua PWI Sulut Jimmy Senduk sebagai pimpinan sidang pemilihan Ketua PWI Tomohon sempat menskors tahapan pemilihan.

    Hanya saja, setelah berdiskusi dengan jajaran PWI Sulut dan klarifikasi kepada yang bersangkutan, akhirnya permintaan beberapa peserta Konferkot tidak dapat disetujui oleh pimpinan sidang. Mereka beralasan karena DPT telah ditetapkan beberapa saat sebelumnya.

    Kemudian, PWI Sulut menggugurkan dua pemilik hak suara dari DPT Pemilihan Ketua PWI Tomohon. Yaitu atas nama Adi Pontoan dan Kliff Manopo, di mana telah masuk struktur kepengurusan Ikatan Wartawan Online (IWO) Tomohon.

    Padahal, keduanya mengaku tidak pernah dilantik sebagai pengurus IWO Tomohon. Bahkan tidak tahu menahu kalau disertakan oleh Ketua IWO Tomohon Ardy Kalumata.

    "Kami di situ hanya meliput. Kami juga tidak ikut pelantikan dan tidak memiliki KTA (Kartu Tanda Anggota) organisasi itu," ujar mereka berdua.

    Kejanggalan ketiga, adanya dua surat mandat atas nama Prise Haryono ditujukan masing-masing kepada Sintya Bojoh dan Donald Kuhon.

    Setelah diklarifikasi oleh panitia kepada PWI Sulut, Sekretaris PWI Sulut Merson Simbolon hanya di meja registrasi langsung mengesahkan surat mandat Prise Haryono kepada Donald Kuhon. "Sekretaris PWI Sulut mengesahkan surat mandat tersebut setelah menghubungi pemberi mandat dimaksud," ujar Ivana Palit selaku panitia Konferkot ke-III PWI Tomohon yang juga didaulat sebagai salah satu pimpinan sidang pemilihan.

    Adanya rentetan kejanggalan tersebut, pemilihan Ketua PWI Tomohon periode 2022-2025 tetap berlanjut. Dengan hasil untuk putaran ke-2, Terry Wagiu 17 suara, Sintya Bojoh 2 suara, 1 abstain dari total 29 pemilih dari awalnya sebanyak 31 DPT.

    Di putaran pertama, Terry Wagiu memperoleh 15 suara, Sintya Bojoh 12 suara, dan Stevy Tampi 2 suara.

    (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemilihan Ketua PWI Tomohon Tercoreng, LO Partai Golkar Masuk Daftar Pemilih Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top