• Berita Terbaru

    November 24, 2016

    elnusanews/com , , November 24, 2016

    Mendagri Minta Para Gubernur Waspadai Rawan Resiko Pilkada 2017 dan Sukseskan Implementasi Saber Pungli

    JAKARTA,Elnusanews - Rapat Koordinasi dan Dialog terbuka Gubernur seluruh Indonesia digelar di Ruang Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri Jakarta, Kamis (24/11) turut dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE. Rakergub menjelang akhir tahun  2016 dilaksanakan dalam rangka pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah, dengan titik berat pada pembahasan atas dinamika  politik dalam negeri menjelang Pilkada Serentak Tahun 2017 serta penguatan tata kelola pemerintahan untuk menjamin terselenggaranya Pelayanan Publik yang baik dalam program Implementasi Kinerja Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli)  yang dibuka Mendagri Tjahjo Kumolo SH.

    Lebih lanjut, Mendagri menginstruksikan kepada seluruh Gubernur untuk berkoordinasi dengan aparat keamanan guna melakukan deteksi dini melalui pemetaan potensi instabilitas dan dinamika politik lokal serta aspek pemanfaatan modal sosial, guna mempererat komunikasi dengan tokoh agama, adat dan tokoh masyarakat. " Langkah tersebut sebagai upaya menjaga stabilitas politik dalam negeri menjelang Pilkada serentak Tahun 2017," tutur Mendagri.

    Lebih jauh dijelaskan Mendagri bahwa Pemerintah memandang perlu perhatian Kepala Daerah atas 4 (empat) Area  Rawan Resiko terhadap Pemilihan Kepala Daerah serentak 2017 diantaranya : 1). Faktor gangguan alam dengan cuaca buruk, gunung meletus, gempa bumi, banjir ; 2). Faktor keamanan : terorisme, separatisme, radikalisme, unjuk rasa, konflik komunal, penyalahgunaan senjata api dan bahan peledak: 3). Faktor Politik-Hukum : Permasalahan daftar pemilih tetap (DPT) 4).

    Faktor lainnya seperti : distribusi logistik terhambat, rendahnya partisipasi, netralitas penyelenggara juga adanya kemungkinan intervensi Asing. Disamping itu tandas Mendagri yang turut di dampingi Ketua KPK RI Agus Rahardjo pada Rakorgub ini, menghimbau para Gubernur se Indonesia disamping tugas menjaga stabilitas politik dalam negeri, juga wajib mengsukseskan Program Saber Pungli yang ditetapkan Presiden RI dalam Keppres No. 87/2016, di daerah masing-masing dengan meningkatkan pembinaan dan pengawasan, khususnya terhadap Penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang memiliki resiko terjadinya Pungli.

    Masih menurut Mendagri, terdapat area yang perlu mendapat perhatian tersendiri meliputi :

    1). Perizinan, dengan fokus : penerbitan izin mendirikan bangunan, penerbitan izin gangguan, penerbitan izin trayek, penerbitan izin pertambangan, penerbitan izin sektor perhubungan darat, rekomendasi  sengketa tanah dan penerbitan izin usaha.

    2). Hibah dan Bantuan Sosial, dengan fokus;  pencairan dana hibah, bantuan sosial dan pemotongan dana bantuan sosial.

    3). Kepegawaian, dengan fokus: mutasi pegawai, kenaikan pangkat, promosi jabatan dan pemotongan gaji guru, tenaga kesehatan serta Pegawai Tidak Tetap.

    4). Pendidikan, dengan fokus: pencairan bantuan operasional sekolah dan pemotongan uang makan guru.

    5). Dana Desa dengan fokus; Pemotongan dana desa, pengambilan bunga bank pada penempatan dana desa.

    6). Pelayanan Publik, dengan fokus: Penyaluran beras miskin, pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil, pelayanan di bidang kesehatan dan pendidikan, retribusi pedagang kaki lima dan pelayanan SAMSAT.

    7). Pengadaan barang dan jasa, dengan fokus: perencanaan pengadaan dan penentuan pemenang. "Untuk mengsukseskan program Saber Pungli, diharapkan Para Gubernur segera melakukan sosialisasi, pencegahan serta penindakan atas area-area yang dianggap beresiko terhadap pelayanan publik" Tandas Mendagri Tjahjo Kumolo.

    Para penyaji dan nara sumber lainnya dalam pengarahan tersebut diantaranya sejumlah Kementerian dan Lembaga yakni : Menkopolhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kepala BIN Komjen Pol Budi Gunawan, Kepala BNPT Suhadi Alius.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mendagri Minta Para Gubernur Waspadai Rawan Resiko Pilkada 2017 dan Sukseskan Implementasi Saber Pungli Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top