• Berita Terbaru

    November 29, 2016

    Elnusanews November 29, 2016

    Tomohon Siap Bersaing Dalam MEA

    TOMOHON, Elnusanews -- Produktivitas merupakan kunci pendorong vital dalam pertumbuhan ekonomi, yakni sebagai daya ungkit bagi pertumbuhan ekonomi nasional dalam jangka panjang maka dari itu Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, mengadakan rapat koordinasi Perencanaan Pengembangan Ekonomi Masyarakat bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tomohon bertempat ruang rapat Bappeda Selasa (29/11). 

    Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Tomohon Ir Enos Pontororing Msi melalui Sekretaris Badan menuturkan, nantinya melalui pelaksanaan kegiatan ini kita dapat menyerap bagaimana proses mengukur produktivitas total daerah Kota Tomohon. 

    "Nantinya juga mendukung daya saing Kota Tomohon terkait Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," tuturnya. 

    Denny Golioth SE dari BPS Tomohon mengatakan, produktivitas total daerah yaitu mengenal potensi ekonomi menurut sektor, perbandingan potensi ekonomi menurut sektor, pendekatan potensi ekonomi menurut konsumsi pengeluaran. 

    "PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) adalah jumlah nilai tambah atas barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai unit produksi di wilayah suatu negara dalam jangka waktu tertentu," katanya. 

    Lanjutnya, Balas jasa faktor produksi yang dimaksudadalah upah dan gaji, sewa tanah, bunga modal dan keuntungan, semuanya sebelum dipotong pajak penghasilan dan pajak langsung lainnya. 

    "Dalam definisi ini PDRB mencakup juga penyusutan dan pajak tidak langsung neto, unit-unit produksi tersebut dalam penyajian ini dikelompokkan menjadi sembilan lapangan usaha yaitu pertanian peternakan, kehutanan dan perikanan; pertambangan dan penggalian; industry pengolahan; listirk,gas dan air bersih; konstruksi; perdagangan hotel dan restoran; pengangkutan dan komunikasi; keuangan, real estate, dan jasa perusahaan; jasa-jasa termasuk jasa pelayanan pemerintah. Dan cara menghitung Produktivitas Total Daerah yaitu Produktivitas Tiap Sektor dibagi dengan Angkatan Kerja Tiap Sektor," tukasnya. (LoL)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tomohon Siap Bersaing Dalam MEA Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top