• Berita Terbaru

    November 29, 2017

    elnusanews/com November 29, 2017

    Gas LPG 3 Kg Langkah di Minut

    MINUT, Elnusanews -- Menjelang bulan Desember tabung LPG 3 Kg mengalami kelangkaan di Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Pasalnya sudah seminggu lebih barang ini sulit sekali ditemukan, padahal untuk memasak, sebagian besar masyarakat bergantung pada tabung LPG 3 Kg ini.

    Dari pantauan media ini, ada beberapa titik warung yang menjual gas LPG 3 Kg namun harganya melonjak tajam, bahkan sampai Rp 30 ribu pertabung. Jika dibandingkan dengan harga eceran tertinggi pangkalan hanya sampai Rp 18 ribu per tabung.

    Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs Alan Mingkid saat ditemui di kantornya belum lama ini mengatakan, Pemkab Minut lewat Bagian Perekonomian saat ini tengah melakukan monitoring untuk mengecek langsung penyebab kelangkaan tabung gas LPG 3 kg ini. "Sejak Senin (27/112017) Kabag Perekonomian Tati Thayeb bersama Staf tengah melakukan monitoring untuk memantau ketersediaan gas, termasuk juga memonitor agen dan pangkalan. Tadi juga mereka berada di wilayah Likupang,” kata Mingkid Rabu (29/11/2017)

    "Di Minu LPG 3 Kg bersubsidi dilayani oleh 4 agen, yang terdiri dari PT Anugerah Lestari dengan jumlah pangkalan 146, PT LPG Kawan Sejahtera jumlah pangkalan 38, PT Tonsea Jaya jumlah pangkalan 74 dan PT Anita Kumayas jumlah pangkalan 53 pangkalan. Setiap minggunya di Minut keempat agen ini menyalurkan 40.320 tabung. Sedangkan untuk tiap bulannya disalurkan 201.600 tabung sejak Januari 2017", ujar Mingkid.

    Sebab lain disinyalir, saat dirinya mengikuti rapat perubahan subsidi LPG di Kota Makasar, terjadi pengurangan hampir 3 juta matrik ton pada Perubahan APBN-P karena terdapat kekurangan penerimaan negara pada proyeksi-proyeksi yang ada, tidak semuanya mencapai target yang berdampak terhadap subsidi pada masyarakat.

    “Sebenarnya langkah pengurangan subsidi ini sudah lama tercium, untuk itu sejak bulan Mei Pemkab Minut bersama PT Pertamina telah melaunching penggunaan Bright Gas 5.2 kg. Dari target sebenarnya 500 tabung bright gas, telah melampaui, karena mencapai 1432 tabung", jelas Mingkid.

    "Namun demikian dalam kelangkaan tabung gas 3 kg ini bila didapati ada pihak pangkalan di Minut yang sengaja menjual tidak pada area yang sudah ditentukan, pihak Pemkab Minut bersama Pertamina akan menindak pangkalan tersebut dengan mencabut ijin pangkalan. Karena pada tahun ini ada pangkalan ditemukan menjual di kabupaten lain, ijin mereka langsung dicabut. Bupati juga telah menyurat ke pengusaha rumah makan yang bukan lagi UMKM pada bulan Juni, menghimbau untuk menggunakan bright gas", terangnya.

    Ditambahakan Mungkin, sejak launching bulan Mei, selain 1432 tabung bright gas 5.2 kg yang dipakai ASN, ada juga yang dijual salah satu agen di Minut sebanyak 1500 tabung. Jadi posisi penggunaan tabung bright gas 5.2 kg di Minut telah mencapai 1932 tabung. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gas LPG 3 Kg Langkah di Minut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top