• Berita Terbaru

    November 28, 2017

    elnusanews/com November 28, 2017

    Waspadai Penyakit Hog Cholera, Disper Minut Vaksinisasi Babi

    MINUT, Elnusanews -- Mendekati perayaan hari Natal yang tinggal sebulan lagi, peternak di Minut mulai mewaspadai penyakit Hog Cholera pada hewan babi. Untuk itu, Pemkab Minut melalui Dinas Pertanian langsung turun tangan melakukan vaksinisasi ke hewan babi yang diternakkan warga. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian Minut, Ir Jan Sinaulan Msi.

    "Pemerintah dan peternak memang sementara mewaspadai adanya penyakit Hog Cholera pada babi sehingga sudah ada tim yang turun melakukan vaksinisasi," ujar Sinaulan.

    Lanjut Sinaulan, penyakit Hog Cholera ini memang tidak berdampak pada manusia jika dikonsumsi. Hanya saja, hewan babi yang terkena penyakit itu bisa menurunkan harga jual.

    "Tidak seperti flu burung, penyakit ini memang tidak berdampak pada manusia. Namun babi yang terkena penyakit ini harus dimusnahkan dengan cara dibakar agar tidak menjangkiti hewan babi lainnya," imbuhnya.

    Sementara itu Kabid Peternakan, Ir Oyke Sawel SPT mengatakan, pada tahun ini pihaknya telah menyiapkan 9.500 vaksin atas bantuan dari Balai Besar Verteriner Maros untuk membantu peternak babi di Minut. Jumlah tersebut memang tidak sebanding dengan populasi babi yang ada di Minut sebanyak kurang lebih 22 ribu ekor. "Penyakit ini pernah terjadi di Minut namun tidak dalam jumlah besar. Tahun ini baru 9.500 ekor yang divaksin sesuai jatah dari Balai Besar Verteriner Maros," tutup Sawel. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Waspadai Penyakit Hog Cholera, Disper Minut Vaksinisasi Babi Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top