• Berita Terbaru

    October 16, 2018

    elnusanews/com , October 16, 2018

    OD-SK Dianugerahi Gelar Adat Kidoni Kiombu dan Kiapango Doni Kiombu Oleh Masyarakat Bolmut

    BOLMUT,Elnusanews - Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw menerima penganugerahan gelar adat Kidoni Kiombu Gubernur Sulut dan Kiapango Doni Kiombu Wakil Gubernur Sulut, karena kedua pejabat (OD-SK) tersebut
    merupakan pimpinan tertinggi yang ada di daerah bumi nyiur melambai Sulawesi Utara (Sulut).
    Ritual penobatan gelar adat kepada pimpinan tertinggi di Sulut itu bertempat di Lokasi Situs Komalig R.S Pontoh Kaidipang Besar Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Selasa (16/10/2018).

    Pada proses gelar adat tersebut tokoh adat menyerakan tongkat dan keris kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw.

    Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan atas nama pemerintah provinsi Sulut mengucapkan banyak terimakasih sebesar-besar bagi masyarakat Bolmong Utara, yang sudah memberikan gelar adat yang sangat besar bagi Gubernur dan Wakil Gubernur (ODSK).

    "KIDONI KIOMBU GUBERNUR SULUT AGU KIAPANGO DONI KIOMBU WAKIL GUBERNUR SULUT," kata Olly Dondokambey.

    "Semenjak menjadi Gubernur Sulut, ini kedua kalinya menerima gelar adat dari masyarakat Bolmut dan Masyarakat Sangihe," sebutnya.

    Lanjut Olly ada beberapa hal yang perlu disampaikan terkait dengan penganugerahan gelar adat selaku pimpinan bagi seluruh masyarakat di daerah ini  maka perlu dipahami bahwa tugas utama saudara-saudara ialah memastikan berjalan proses penyelenggaraan urusan pemerintah, pembangunan, dan sosial kemasyarakatan agar tetap bergerak, maju dan sinergitas dengan apa yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Dan tentunya bekerjasama dengan Forkopimda dan seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut).

    "Maka, saya hadir disini dengan asisten dan beberapa kepala dinas. Dan saya kira apa yang disampaikan pak bupati bahwa Pemprov Sulut tidak akan melupakan Bolmong Utara (Bolmut). Kini hadir langsung sejumlah kadis artinya apa? artinya mereka melihat secara langsung apa yang kurang bagi Kabupaten Bolmong Utara sehingga APBD 2019 nanti, minta saja pak Bupati dan Wakil Bupati, pasti akan tuntas, mintalah maka kau akan kuberi," tandas Gubernur Sulut itu.

    Diketahui selain Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut (OD-SK) yang menerima penobatan adat pemimpin tertinggi di Sulut, Bupati Bolmut Depri Pontoh dan Wakil Bupati Amin Lasena juga menerima penobatan adat Kidoni Pangulu Agu Apango Kidomi Pangulu.

    Turut hadir, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, mewakili Gubernur Gorontalo, Unsur Forkopimda Sulut, Pejabat Eselon II Pemprov Sulut Forkopimda Gorontalo, mewakili Bupati/Walikota se Sulut, Ketua DPRD Bolmut, TNI/Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, SKPD Lingkup Pemkab Bolmut  serta Ketua Aliansi Adat Bolmong Utara, serta seluruh tamu dan undangan.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: OD-SK Dianugerahi Gelar Adat Kidoni Kiombu dan Kiapango Doni Kiombu Oleh Masyarakat Bolmut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top