• Berita Terbaru

    October 31, 2018

    Elnusa News October 31, 2018

    Tuuk : Pengalokasian Anggaran Di SKPD Belum Sesuai Dengan RPJMD Pemerintah OD-SK



    DEPROV, Elnusanews - Legislator DPRD Provinsi Sulawesi Utara (SULUT) Ir. Julius Jems Tuuk menilai, penyusunan anggaran yang ada di Mitra Kerja masing-masing komisi masih jauh dari visi misinya ODSK. Hal ini terlihat jelas pada saat pembahasan APBD Tahun 2019 antara komisi I dengan mitra kerja SKPD.

    Menurutnya, dalam pambahasan APBD harusnya mengacu pada RPJMD dari gubernur dan wakil gubernur. Dimana RPJMD, out putnya adalah RPJPD yang selanjutnya dituangkan dalam RKPD.

    "Dari hasil pembahasan antara anggota Banggar dan mitra komisi I, tergambar dengan jelas bahwa pengalokasian anggaran kepada masing-masing dinas, badan, dan biro menurut saya tidak masuk dalam konteks yang seharusnya  menjadi bahan rujukan yakni RPJMD dan RKPD," jelas Tuuk saat dimintai tanggapannya oleh wartawan, Rabu (31/10) pagi.

    Lebih jauh, dirinya menjelaskan bahwa dalam RPJMD lima tahunan, program ODSK diatur dalam pengeksekusian dalam satu tahun yakni RKPD.

    "Nah, pengalokasian itu harus berdasarkan RPJMD. Nah, itu yang tidak tampak. Kalau itu tidak tampak, maka saya bisa katakan bahwa pengalokasian anggaran di dinas, badan dan, biro ini hanya sekedar meraba-raba saja. Tidak melihat skala prioritas yang diatur oleh RPJMD dari pemeritah ODSK. Kalau kita mau bicara, apa sih intinya RPJMD, sudah jelas bahwa intinya adalah mensejahterakan rakyat," jelasnya.

    Politisi partai PDI Perjuangan ini juga mengatakan bahwa,dirinya menangkap dari komunikasi dengan mitra kerja komisi I memang pembahasan dengan DPRD ini masih dalam tahap awal.

    "Yang saya tangkap saat pembahasan kemarin (Red Selasa) pengalokasian anggaran yang kemarin itu mungkin belum di komunikasikan dengan pak gubernurr, dan itu yang mungkin belum dilakukan.Nah itu yang saya tangkap," ungkapnya.

    Dirinya juga menyesali kinerja tim TAPD yang dinilai saat pengalokasian anggaran yang tidak mengacu pada RPJMD dimana RPJMD merupakan roh dari program inti kinerja dari OD-SK. 

    "Cuman paling tidak yang saya sesali bagaimana tim TAPD ini ketika mereka mengalokasikan anggaran ini di masing-masing Dinas, badan, dan biro tidak mengacu pada RPJMD dimana RPJMD merupakan roh dari program inti kinerja dari OD-SK. Nah, maka dari itu saya minta kepada TAPD dalam mengalokasikan anggaran di dinas, badan dan biro harus benar benar melihat RPJMD yang menjadi kitab sucinya pemerintah dari OD-SK," tandasnya. (RaKa)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tuuk : Pengalokasian Anggaran Di SKPD Belum Sesuai Dengan RPJMD Pemerintah OD-SK Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top