• Berita Terbaru

    October 27, 2018

    Elnusa News , October 27, 2018

    Rangkaian Ziarah Bupati – Wabup Minahasa Dalam Rangka Menyambut HUT ke 590 Kabupaten Minahasa

    MINAHASA, Elnusanews – Menyaambut Hari Jadi Minahasa ke-590, Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi (RD), melakukan rangkaian upacara ziarah ke Makam para Mantan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, guna memberikan pengormatan atas jasa-jasa para pendahulu selama mengabdi sebagai orang nomor satu dan dua di Minahasa. 
    Pada Jumat 26/10/2018, Bupati ROR didampingi sejumlah pejabat berziarah ke Makam Bupati Minahasa Periode tahun 1998-2003, Almarhum Drs Dolfie Tanor, Wakil Bupati Minahasa periode 1998-2003 Alm Boy Tangkawarouw, dan selanjutnya ke Makam Bupati Minahasa Periode 1993-1998 Almarhum Drs Karol Lasut Senduk, di Kelurahan Kakaskasen Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon. 
    Selanjutnya, upacara ziarah Bupati ROR bersama rombongan berlanjut ke Desa Lotta Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. Disini Buapti ROR berziarah di Makam Bupati Minahasa Periode 1958-1961 Estevanus Kandou. Sementara, dihari yang sama Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi (RD) didampingi Sekertaris Daerah Jeffry Korengkeng dan sejumlah Satuan Perangkat Kepala Daerah (SKPD) dan sejumlah Kepala Bagian (Kabag) berziarah ke makam Bupati Minahasa Periode 1961-1965, Almarhum Letkol Frits Sumampouw di Desa Tonsea Lama Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa.
    Dan selanjutnya di Makam Bupati Minahasa tahun 1966 Almarhum Just H Rumambi di Desa Sukur Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, lalu terakhir di Makam Bupati Minahasa Periode 1952-1953, Almarhum Hendrik Ticoalu, di Desa Kawangkoan, Kabupaten Minahasa Utara.
    Keesokan harinya, Sabtu 27/10/2018 Bupati ROR dan Wabup RD melanjutkan Ziarah mereka. Kali ini Bupati ROR berziarah ke makam Bupati Minahasa Periode 1982-1987 Almarhum Alex Lambertus Lelengboto, di Desa Pinabetengan Kecamatan Tompaso Barat, Kabupaten Minahasa. Dan berlanjut ke Makam Bupati Minahasa Periode 1981-1983 Almarhum Drs Jan Rolos, Di Desa Rasi Kecamatan Ratahan, Kabupaten Minahasa Tenggara. Selanjutya kegiatan Ziarah Bupati ROR berakhir di Desa Waleure Kecamatan Langowan Timur, Kabupaten Minahasa, di Makam Bupati Minahasa Periode 1956-1958 Almarhum Laurent Frits Saerang. 
     Diketahui ziarah di hari kedua ini, Bupati ROR didampingi oleh Asisten Satu Denny Mangala, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Arody Tangkere, Kadis Pemadam Kebakaran Alex Mamesah, Kadis Pangan Wenny Talumewo, Kepala Bagian (Kabag) TUP, Dolfie Kuron, Kabag Infrastruktur Ricky Laloan dan Kabag Humas dan Protokol Moudy L Pangerapan.
    Sementara dihari kedua ini, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey didampingi sejumlah Kepala SKPD dan Kabag, yakni Kadis Pertanian Subhan Torar, Kadis Pariwisata Agustivo Tumundo, Kadis Perdagangan Moudy Lontaan, Kabag Perekonomian Mekry Sondey, Kabag Ortal Yessi Rumbayan, Kabag Pemberdayaan Masyarakat Tibum dan Linmas Engelbert Raintung, Kepala Bidang (Kabid) Margartha Ratulangi, serta Pdt Geovanni Rorora, STh berziarah ke makam Bupati Minahasa Periode 1978-1981 Almarhum Letkol Bern Gustav Lapian BA, berlokasi di Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado dan di Makam Bupati Minahasa Periode 1965-1966 Almarhum Jan Piet Mongula, di Pekuburan Keluarga Kairagi Dua Kota Manado.
    Melalui Ziarah yang dilakukan, Bupati ROR berharap kiranya apa yang telah dilakukan para pendahulu kita ini bisa menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat Minahasa. “Apa yang sudah dilakukan kiranya kita boleh lanjutkan dan kita boleh dedikasikan, dan kiranya dapat kita kita lakukan dan dapat memberi manfaat bagi rakyat di Kabupaten Minahasa. 
    Sementara Wabub RD usai melakukan Ziarah di hari pertama, Jumat 26/10/2018 mengatakan ziarah ini penting dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada para Bupati yang telah berkontribusi besar bagi Kabupaten Minahasa. “Banyak hal yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita, terutama kontribusi mereka bagi Kabupaten Minahasa. Banyak yang harus kita adobsi dari mereka,” ujar RD.  Bunga Dirinya juga mengatakan tahun 2019 mendatang akan berupaya untuk menganggarkan dana guna merenovasi seluruh makam mantan Bupati Minahasa, hal ini disampaikannya saat melihat kondisi makam dari sebagian mantan Bupati yang cukup memprihatinkan. ” Mudah-mudahan tahun 2019 mendatang, akan ada anggaran untuk memperbaiki sejumlah makam yang kondisinya mimprihatinkan tersebut,” pungkasnya  ADVETORIAL (jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Rangkaian Ziarah Bupati – Wabup Minahasa Dalam Rangka Menyambut HUT ke 590 Kabupaten Minahasa Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top