• Berita Terbaru

    October 24, 2018

    elnusanews/com October 24, 2018

    Siagian Sebut Penyusunan Renstra Penting Untuk Menyusun RPJMD

    MINAHASA, Elnusanews - Bupati Minahasa Royke O Roring melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan DR Sihar Wilford Siagian menyampaikan penyusunan perencanaan strategis (Renstra) sekretariat daerah (Setda) Kabupaten Minahasa 2018-2023 merupakan satu hal yang penting dalam penyusunan RPJMD.

    “Dengan demikian harus ada konsistensi antara Renstra Setda dan RPJMD Kabupaten Minahasa sehingga dapat bersinergi dalam berkontribusi bagi pencapaian visi, misi dan program bupati dan wakil bupati untuk lima tahun ke depan,” ungkap Wilford dalam rapat penyusunan Renstra di ruang sidang kantor bupati Minahasa, Selasa (23/10) 2018.

    Ia menyampaikan, penyusunan Renstra ini merupakan satu kegiatan yang berada pada bingkai besar penyusunan dokumen perencanaan daerah lima tahunan, yang dikenal dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagaimana tertuang dalam peraturan menteri dalam negeri no. 86 tahun 2017.

    “Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Minahasa harus menyiapkan RPJMD sebagai penjabaran dari visi, misi dan program bupati dan wakil bupati Minahasa,” katanya.

    Wilford mengatakan, penjabaran visi, misi dan program tersebut tidak berdiri sendiri karena terdapat salah satu tahapan yakni perangkat daerah harus menyiapkan rancangan awal Renstra.

    Kemudian, kata dia, Renstra Setda merupakan instrumen awal untuk mengukur kinerja setiap bagian, baik terkait pencapaian awal guna menciptakan suatu tujuan maupun sasaran yang telah ditetapkan.

    “Diharapkan peran serta dari para kepala bagian serta para kasubag yang ada di lingkup Setda Kabupaten Minahasa dalam penyusunan rancangan awal Renstra, karena terdapat data-data yang melekat pada bagian-bagian,” ujarnya.

    Kegiatan turut dihadiri seluruh kepala bagian, kepala sub bagian dan staf pelaksana di tiap bagian sekretariat daerah Minahasa.


    (jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Siagian Sebut Penyusunan Renstra Penting Untuk Menyusun RPJMD Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top