• Berita Terbaru

    October 26, 2018

    Elnusa News October 26, 2018

    Cinta Damai, Habib Muhammad Bin Smith Silatuhrami ke Olly Dondokambey

    SULUT,Elnusanews - Suasana sejuk nan damai terlihat pada silaturahmi habib Muhammad Bin Smith dengan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey dan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Sulut di Kediaman pribadi Gubernur berlangsung penuh harmoni, Kamis (25/10/2018).

    Habib Smith dijamu oleh Gubernur Olly Dondokambey bersama Sekprov Edwin Silangen dan sejumlah tokoh agama. Pada kesempatan itu, berbagai hal terkait keselarasan dan norma-norma toleransi dibahas oleh dua tokoh berpengaruh tersebut.

    Terlihat perbincangan yang sangat santai dan kekeluargaan tersebut berlangsung baik dan penuh canda tawa, bahkan Habib pun tak sungkan saat bersalaman dengan isteri tercinta Gubernur Sulut Rita Maya Dindokambey-Tamutuan.

    Pertemuan ini pun sesuai pesan Habib dan Gubernur merupakan satu pesan moral kepada seluruh masyarakat Sulawesi Utara dan Indonesia tentang indahnya kebersamaan dalam perbedaan.

    “Kita adalah Provinsi yang cinta damai,  kita adalah Provinsi yang toleran, siapa saja bisa datang ke Manado, ke Bumi Nyiur Melambai ini, masalah dia datang kemudian ada tindakan intoleran, ada aparat hukum yang tangani, masyarakat wajib melaporkannya, tidak perlu menghadapi dengan keributan karena kita sebagai masyarakat Sulawesi Utara selalu menggaungkan slogan ‘Torang Samua Basudara dan Torang Samua Ciptaan Tuhan”, ucap Gubernur Sulut Olly Dondokambey disambut senyum dan jabatan tangan dari Habib Smith, sesuai yang disampaikan jubir pemprov Sulut Christian Iroth yang juga selaku Kabag Humas Pemprov Sulut.

    Saat kedatangannya, Ulama Nasionalis yang cinta NKRI dan menjunjung sikap toleransi ini pun disambut hangat oleh gabungan ormas adat Minahasa saat tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado.

    Habib disambut dengan tarian Kabasaran serta jabatan tangan para Tonaas atau pemimpin ormas adat Minahasa, serta Forkopimda Sulut yang dipimpin langsung Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, hingga membuat Habib terharu.

    “Terima kasih, selamat kepada semua, damai untuk semua, damai yang terindah,” ucap Habib. Pertanyaan tak perlu terlalu banyak yang penting menghasilkan sesuatu yang rukun, damai, sejahtera dan kasih sayang,” ucap Habib saat diwawancarai awak media.

    Habib juga menyampaikna kehadirannya di Manado ini untuk agenda keagamaan sekaligus bertemu dengan FKUB Sulut.

    “Saya lahir di Manado, sekolah di Manado, banyak teman saya di sini, ini kota yang penuh kedamaian,” ujar Habib Muhammad bin Smith yang juga merupakan paman dari Habib Bahar Bin Smith yang sempat ditolak beberapa waktu lalu oleh sejumlah ormas adat Minahasa.

    Sementara Tonaas Wangko Laskar Manguni Indonesia (LMI) Pdt Hanny Pantouw menyatakan aksi tersebut dilaksanakan untuk meluruskan opini yang beredar pasca penolakan beberapa waktu lalu.

    “Seolah diplesetkan bahwa orang Manado anti agama tertentu padahal tidak seperti itu,” kata dia.

    Menurut Pantouw, aksi itu penting demi perdamaian nasional. Pantouw mengakui sempat beredar hoaks yang menyebut Manado intoleran.

    “Dengan ini kita buktikan bahwa Sulut aman,” tegas Pantouw.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cinta Damai, Habib Muhammad Bin Smith Silatuhrami ke Olly Dondokambey Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top