• Berita Terbaru

    October 24, 2018

    elnusanews/com October 24, 2018

    DLH Minut Sampaikan PulSaDang ke Masyarakat

    MINUT, Elnusanews-- Untuk mengoptimalkan program kebersihan lingkungan, maka Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Minut meluncurkan program Kumpul Sampah Dapat Uang atau PulSaDang yang ditujukan bagi masyarakat daerah itu. Hal tersebut dikatakan oleh Plt Kepala DLH Minut, Berty Ngangi SP kepada wartawan, Rabu (24/10/2018). "Tujuan dari program ini untuk mengurangi masalah sampah yang ada di Minut," ujar Ngangi.

    Lanjut dikatakan Ngangi, latar belakang sehingga dibuat program PulSaDang ini untuk memberikan manfaat secara ekonomi dan kesehatan bagi masyarakat serta merubah perilaku warga. Program ini pun dibuat berdasarkan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah. "Pengelolaan sampah ini terdiri atas 2 kegiatan yaitu pengurangan dan penanganan sampah. Agar berhasil dalam pengelolaan, maka kedua cara ini harus digunakan," ungkapnya.

    Dikatakannya, program ini diluncurkan juga untuk memberikan pemahaman akan pengelolaan sampah daur ulang mengikuti program Bank Sampah. Sebab target pengurangan sampah jika mengacu pada SDGs justru lebih besar lagi yaitu pada tahun 2025 sebanyak 30% sampah tereduksi sebelum sampai TPA. "Faktanya di Minut masih terdapat selisih yang besar untuk mencapai target tersebut dimana eksisting penanganan sampah baru 31,07% atau sekitar 25,2 ton sampah/hari yang belum tertangani di wilayah perkotaan dan untuk pengurangan sampah baru terlaksana 0,98% dari target 20%," jelas Ngangi.
    Ditambahkan Ngangi, Kecamatan Airmadidi menjadi target atau wilayah prioritas untuk menjalankan program ini. Keterlibatan atau peran serta rumah ibadah dan sekolah dalam program tersebut sangat diharapkan. "Manfaat dari program ini adalah masyarakat dapat merasakan perilaku hidup bersih, sehat, nyaman dan aman," tutupnya. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: DLH Minut Sampaikan PulSaDang ke Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top