• Berita Terbaru

    November 09, 2020

    elnusanews/com November 09, 2020

    MAPPILU - PWI Minahasa Gelar Sosialisasi Pemilu 2020

    MINAHASA, Elnusanews - Setelah resmi dilantik oleh Pj Gubernur Sulut Dr Drs Agus Fatoni MSi pada Rabu 4/11/2020 di Ruang CJ Rantung Kantor Gubernur. Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu Persatuan Wartawan Indonesia (MAPPILU-PWI) Kabupaten Minahasa menggelar sosialisasi pemilu dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Tahun ini.

    Kegiatan yang berlangsung pada Minggu 8/11/2020 bertempat di Kebeng Lounge dan Eatery Kelurahan Sasaran Kecamatan Tondano Utara Kabupaten Minahasa ini bertemakan “Wajah Demokrasi Kita” dari Minahasa untuk Indonesia menuju pilkada 2020 yang berkwalitas dan bermartabat.

    Adapun dalam sosialisasi ini menghadirkan sejumlah pembicara, yakni Bupati Minahasa DR. Ir. Royke Octavian Roring, M.S,  IPU Asean Eng yang diwakili oleh Kaban Kesbangpol Minahasa Ir Yanny Moniung yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut, Komisioner KPU Sulut Meidy Tinangon, Ketua MAPPILU PWI Sulut Jemmy Senduk S.KOM, Ketua PWI Minahasa Christian Tangkere SE dan sebagai moderator Rivo Gosal selaku Ketua MAPPILU PWI Minahasa. 

    Dalam sambutan Bupati Minahasa, Moniung menyampaikan apresiasi Pemkab Minahasa atas terobosan MAPILU PWI Minahasa yang menggelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut tahun 2020.

    “Sukses pelaksanaan Pilkada tidak hanya menjadi tanggubg jawab penyelenggara, namun juga masyarakat dan komunitas-komunitas seperti MAPILU PWI Minahasa,” ungkap Moniung.

    Pada sesi diskusi, Ketua Divisi Hukum KPU Sulut Meidy Tinangon SSos MSi menyampaikan harapannya bahwa insan pers dapat berperan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

    “Memang yang menjadi tantangan saat ini yaitu Pandemi COVID-19. Namun diharapkan pers dapat mensosialisasikan sekaligus meyakinkan masyarakat pemilih untuk tidak takut datang ke TPS dan menyalurkan hak pilih,” ungkap Tinangon.

    Ditambahkannya, KPU sendiri menjamin terlaksananya proses pemungutan suara di TPS yang aman dari COVID-19, karena sudah ada regulasi yang harus dilakukan baik masyarakat ataupun penyelenggara dalam hal ini KPPS.

    “Agar masyarakat tidak ragu datang ke TPS, maka seluruh petugas yang terlibat harus melakukan rapid test. Jika ada indikasi reaktif, maka langkah selanjutnya yang bersangkutan harus jalani swab. Kalau hasilnya positif, maka wajib isolasi secara mandiri maupun dengan penanganan medis,” jelas Tinangon.

    Ditegaskannya, bahwa baik masyarakat maupun penyelenggara Pemilu, sama-sama harus memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan.

    Pada bagian yang sama, Ketua MAPILU PWI Sulut Jimmy Senduk SKom menyampaikan bahwa ada harapan besar terhadap insan pers di Minahasa untuk menjadi penyeimbang informasi yang dikonsumsi publik.

    Demikian juga harapan serupa diutarakan Ketua PWI Minahasa Christian Tangkere SE, bahwa sangat diharapkan insan pers dapat menjalankan tanggung jawab dalam koridor kode etik dan profesionalitas kerja.

    “Intinya bahwa pers diharapkan jadi sarulan informasi publik yang netral untuk menjamin independensi. Selain itu harus hindari pemberitaan yang tidak berimbang yang bisa saja berdampak positif maupun negatif terhadap pasangan calon tertentu,” harapnya.

    Pada bagian akhir kegiatan sosialisasi ini, Ketua MAPILU PWI Minahasa Levrando Gosal STeol menyampaikan terima kasih kepada narasumber yang menyampaikan materi dan peserta yang hadir.

    “Semoga kegiatan ini dapat menjadi bekal bagi kita sebagai insan pers maupun masyarakat untuk berpartisipasi sukseskan Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang,” harapnya.

    Sebelumnya, dalam laporan panitia yang dibawahkan oleh Sekertaris MAPPILU-PWI Minahasa Noldy Kaeng mengatakan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan Pemilu yang berkwalitas dan bermartabat serta meningkatkan partisipasi pemilu.

    Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh pengurus dan anggota PWI Minahasa, sejumlah wartawan serta masyarakat.

    (Jonly bamz)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: MAPPILU - PWI Minahasa Gelar Sosialisasi Pemilu 2020 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top