• Berita Terbaru

    April 07, 2021

    elnusanews/com April 07, 2021

    MM-HH Tegaskan Keterbatasan Anggaran Bukan Jadi Persoalan


    BITUNG,Elnusanews - Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM menyampaikan secara langsung Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Tahun anggaran 2020. Laporan disampaikan di rapat Paripurna LKPJ 2020 di ruangan Paripurna DPRD Kota Bitung, Rabu (7/4/2021).

    Maurits mengatakan, Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) kepala daerah tidak semata-mata dimaksudkan untuk menemukan kelemahan dan kekurangan atas penyelenggaraan pemerintahan semata.

    "Tetapi lebih ditekankan pada upaya memperoleh saran, masukan, dan rekomendasi dari DPRD sebagai mitra kerja kepala daerah," kata Maurits.

    Secara garis besar lanjut Maurits, hal tersebut perlu dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk dapat memberikan solusi terbaik atas segala permasalahan yang terjadi, serta sebagai upaya dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan di masa yang akan datang.

    "Untuk itu, mewujudkan Bitung yang hebat bukan hanya sekedar banyaknya prestasi dan penghargaan yang diraih tapi benar-benar dapat mewujudkan masyarakat Kota Bitung yang berkeadilan dan sejahtera," katanya.

    Dengan kerendahan hati, dirinya bersama Hengki sebagai wali kota dan wakil wali kota memohon dukungan dan kerjasama semua pihak sebagai stakeholders yang ada di Kota Bitung agar bersama bersinergi untuk memberikan yang terbaik bagi Kota Bitung dalam mewujudkan Bitung Hebat.

    "Dengan sinergitas, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberkati dan memberikan hikmat serta kekuatan kepada kita semua dalam mengemban amanat yang telah dipercayakan kepada kita untuk membangun Kota Bitung, kota yang sama-sama kita cintai dan banggakan," katanya.

    Terkait dengan LKPJ 2020, Maurits menjabarkan, pada dasarnya LKPJ merupakan gambaran kinerja pemerintah daerah sepanjang tahun 2020, yang merupakan implementasi penyelenggaraan pemerintahan di Kota Bitung dengan segala keberhasilan maupun hambatan yang dihadapi dengan berdasarkan pada tolak ukur kinerja pelaksanaan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020 yang merupakan penjabaran tahunan atas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bitung tahun 2016-2021.

    Oleh karena itu, jika dilihat dari sisi realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah Kota Bitung tahun anggaran 2020 kata dia, pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp.792.263.679.043 dan terealisasi sebesar Rp755.201.540.504,55 atau mencapai 95,32%.

    "Dan belanja daerah ditargetkan sebesar Rp.808 539 057.981.42 terealisasi sebesar Rp.763.387.983.400,00,- atau mencapai 94,42%," katanya.

    Walaupun Bidang Pendidikan dan Kesehatan tetap menjadi prioritas utama di tahun 2020 dari sisi alokasi anggaran, kata Maurits, namun dampak realokasi dan refocusing anggaran dalam rangka penanggulangan dampak virus corona mengakibatkan alokasi anggaran untuk bidang pendidikan tidak mencapai 20%.

    Anggaran belanja untuk Bidang Pendidikan dialokasikan sebesar 19,37% dan anggaran belanja untuk Bidang Kesehatan dialokasikan sebesar 15,50% dari anggaran belanja daerah Kota Bitung.

    "Walaupun keterbatasan anggaran masih tetap menjadi masalah, namun demikian hal tersebut tidak mengurangi semangat kita untuk terus berkarya wujudkan Bitung Hebat,"tandasnya. (*/Rego)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: MM-HH Tegaskan Keterbatasan Anggaran Bukan Jadi Persoalan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top