• Berita Terbaru

    September 06, 2022

    elnusanews/com September 06, 2022

    Pembangunan Bendungan Kuwil Nemu Titik Terang


    MINUT, Elnusanews - Setelah diadakan Pertemuan, Kamis 1 September 2022 yang lalu, antara pihak Balai Sungai Wilayah I Sulut, akhirnya menemui titik terang. Terkait masalah lahan yang yang dijadikan tempat berdirinya proyek waduk di Desa Kuwil Kecamatan Kalawat.

    Diwakili Kasatker Jeneny Mamoto bersama PPK dengan penguasa lahan keluarga Tampa dan  Noch Sambouw mengatakan.

    "Lahan itu awalnya belum bisa dilakukan pekerjaan di atasnya karena masih dalam sengketa. Namun setelah pertemuan, akhirnya dilakukan land clearing sebagai tanda pekerjaan di lahan itu sudah bisa dilaksanakan," tutur Noch Sambouw 

    Dijelaskan Sambouw, pihaknya tidak ada niat  menghalangi jalannya pembangunan fasilitas penunjang Waduk Kuwil-Kawangkoan. Bahkan menurut Sambouw, mereka juga akan mendampingi dan turut mengamankan pekerjaan di lahan yang dikuasainya disertai dengan membuat surat pernyataan diatas meterai dan telah diserahkan kepada pihak Balai Sungai.

    "Inikan proyek nasional jadi kita ikut mendukung, tapi tentunya dengan memperhatikan beberapa poin yang disepakati tanpa harus menghapus sengketa  yang sementara berproses," ungkap Sambouw.

    Disinggung apakah ada kesepakatan pembayaran atau konpensasi dengan jumlah nilai uang kepada pihak yang menguasai lahan, Noch Sambouw menegaskan tidak ada sama sekali yang dimintakan.

    "Hanya saja ada hal penting sebagai catatan yang perlu diperhatikan oleh pihak penyelenggara yakni menggunakan SDM masyarakat Kuwil yang ada, minimal ada standart UMP sebagai bentuk membantu pertumbuhan ekonomi di Desa Kuwil," tegas Sambouw.

    Selain hal diatas, Sambouw juga meminta pihak yang berkompoten memperhatikan fasilitas jalan umum yang digunakan sehari-hari oleh warga Kuwil untuk beraktifitas.

    "Terlebih melihat sekarang kondisi jalan keluar masuk desa. Ini perlu diperhatikan karena sangat merugikan pengguna kendaraan," harap Sambouw.

    Pertemuan yang dilaksanakan tersebut diprakarsai pihak kepolisian dalam hal ini Kapolsek Airmadidi Iptu Yessi Kristiana, Kasat Intel, Kasat Sabhara sesuai arahan Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo.(Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pembangunan Bendungan Kuwil Nemu Titik Terang Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top