• Berita Terbaru

    September 20, 2022

    elnusanews/com September 20, 2022

    DPRD dan Pemkab Minahasa Sepakati APBD Perubahan TA 2022


    MINAHASA, Elnusanews - Dewan Perwakilan Rakayat Daerah (DPRD) menyepakati Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Minahasa tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Minahasa Tahun Anggaran (TA) 2022.

    Kesepakatan tersebut dilakukan melalui sidang paripurna dalam rangka Pembicaraan Tingkat II terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Minahasa, yang digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tondano, Senin 19/9/2022.

    Diawal rapat dibacakan naskah persetujuan oleh Sekertaris DPRD Dolfie Kuron, dilanjutkan dengan penandatanganan naskah persetujuan bersama oleh Wakil Bupati Minahasa, ketua DPRD Minahasa, Wakil Ketua DPRD, dan Sekertaris Daerah Kabupaten Minahasa.

    Ketua DPRD Glady Kandouw didampingi Wakil Ketua DPRD masing-masing Stacy Runtu dan Denny Kalangi saat memimpin rapat paripurna tersebut mengatakan dengan telah disetujuinya Ranperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022, maka DPRD dan Eksekutif sebagai mitra kerja telah dapat menyelesaikan pembahasan sebagaimana yang diharapkan oleh undang-undang.

    “Untuk itu atas nama pimpinan dan anggota DPRD menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa beserta jajarannya,” ucap Kandouw.

    Sementara, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey saat membacakan sambutan tertulis Bupati Minahasa, mengatakan ada dinamika dalam proses pembahasan anggaran, tetapi semua dalam bingkai ketentuan, untuk paripurnanya Ranperda Perubahan APBD Kabupaten Minahasa Tahun Anggaran 2022.

    “Ranperda Perubahan APBD yang telah dibahas dan kita setujui hari ini, tetap memperhatikan pemenuhan belanja wajib atau belanja yang bersifat mandatory spending antara lain fungsi pendidikan dan fungsi kesehatan, penanganan COVID dan dukungan vaksinasi serta penanganan dampak inflasi,” kata Dondokambey.

    Dijelaskannya, Pemerintah Kabupaten Minahasa berupaya untuk memenuhi seluruh kebutuhan dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan pada Perangkat Daerah ataupun pada Unit Kerja, namun terbatas pada kemampuan keuangan daerah sehingga kita melakukan penyesuaian belanja.

    Dalam Ranperda tentang Perubahan APBD Tahun 2022 ini, secara total Pendapatan Daerah kita menjadi Rp1.264.633.946.999,00 (Satu Triliun, Dua Ratus Enam Puluh Empat Miliar, Enam Ratus Tiga Puluh Tiga Juta, Sembilan Ratus Empat Puluh Enam Ribu, Sembilan Ratus Sembilan Puluh Sembilan Rupiah), atau kurang lebih 1 Triliun, 264 Miliar Rupiah.

    Belanja Daerah menjadi Rp1.457.601.549.346,00 (Satu Triliun, Empat Ratus Lima Puluh Tujuh Miliar, Enam Ratus Satu Juta, Lima Ratus Empat Puluh Sembilan Ribu, Tiga Ratus Empat Puluh Enam Rupiah), atau kurang lebih 1 Triliun, 457 Miliar Rupiah.

    Sementara itu, disisi Pembiayaan Daerah pada Penerimaan Pembiayaan menjadi Rp. 217.967.602.302,00 (Dua Ratus Tujuh Belas Miliar, Sembilan Ratus Enam Puluh Tujuh Juta, Enam Ratus Dua Ribu Tiga Ratus Dua Rupiah), atau kurang lebih 217 Miliar, 967 Juta Rupiah, dan pada Pengeluaran Pembiayaan menjadi Rp24.999.999.955,00 (Dua Puluh Empat Miliar, Sembilan Ratus Sembilan Puluh Sembilan Juta, Sembilan Ratus Sembilan Puluh Sembilan Ribu, Sembilan Ratus Lima Puluh Lima Rupiah), atau kurang lebih 24 Miliar 999 Juta Rupiah.

    “Dalam pelaksanaannya kedepan, kiranya kitaakan terus bersama-sama, memperkuat sinergitas dan jalinan koordinasi, tetap saling mendukung, sambil mengawasi jalannya berbagai program dan kegiatan yang telah ditetapkan, khususnya dalam beberapa Bulan di akhir Tahun 2022 ini, sehingga tujuan dan harapan untuk mempercepat dan mendorong realisasi pembangunan dapat terlaksana, dan bermuara pada terwujudnya Minahasa Maju Dalam Ekonomi Dan Budaya, Berdaulat, Adil, Dan Sejahtera,” tutu Wabu Dondokambey.

    Sebelumnya, rapat paripurna tersebut telah dibacakan naskah persetujuan oleh Sekertaris DPRD dilanjutkan dengan penandatanganan naskah persetujuan bersama oleh Wakil Bupati Minahasa, ketua DPRD Minahasa, Wakil Ketua DPRD, dan Sekertaris Daerah Oabupaten Minahasa.

    Turut hadir Wakapolres Minahasa Kompol Yindar T. Sapangallo S.Sos, perwakilan Kodim 1302 Minahasa Kapten Inf. Donny Lumenta, para Asisten Setdakab, Sekwan Dr. Dolfie Kuron, Anggota DPRD dan jajaran Pemkab Minahasa. (Jonly bamz)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: DPRD dan Pemkab Minahasa Sepakati APBD Perubahan TA 2022 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top