• Berita Terbaru

    September 23, 2022

    elnusanews/com , September 23, 2022

    Gubernur Olly Beberkan Capaian Sulut Hingga Di Usia 58 Tahun



    SULUT,Elnusanews - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Provinsi Sulut, Jumat (23/9/2022) di Lapangan Kantor Gubernur Sulut.


    Gubernur Olly yang tampil gagah dengan mengenakan pakaian adat Minahasa ini pun membeber berbagai capaian yang telah diraih.


    “Kita berhasil membuka ekspor langsung, diect call Manado ke Narita Jepang untuk meningkatkan ekspor komoditi perikanan dan rempah di Sulawesi Utara,” ungkapnya, mengawali sambutan.


    "Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulut berada pada angka 73,30. Indeks Kebahagiaan 74,96, dan tercatat sebagai provinsi kelima dari 10 provinsi yang paling bahagia di Indonesia,” sambungnya.


    Tak hanya itu, Olly menjelaskan perekonomian Sulut di triwulan ke-2 tahun 2022 berhasil bertumbuh 5,93%, dan berada di atas rata-rata nasional yakni 5,44%.


    "Inflasi di Sulawesi Utara tetap terkendali dengan angka 3,84 dan masih menjadi paling rendah se pulau Sulawesi,” ujarnya.


    Ia mengakui berkat kebersamaan yang kuat, Sulut mampu merajut tantangan menjadi peluang, bahkan menjadi kekuatan bagi pembangunan daerah.


    “Itu kita buktikan saat kondisi pandemi Covid-19 yang lalu. Kita dapat bersama mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan, serta mendukung program vaksinasi baik tahap 1, tahap 2 dan jenis Vaksinasi Booster,” terangnya.


    Selain itu, kata Olly, dalam situasi pandemi, Pemprov Sulut mendorong Program Marijo Ba Kobong pada sektor pertanian dan perkebunan, dan percepatan digitalisasi pada kegiatan-kegiatan ekonomi, peningkatan kelas UMKM dan banyak lagi.


    “Cukup banyak yang kita torehkan pada masa pandemi lalu. Kita boleh membangun infrastruktur kesehatan, yakni tiga rumah sakit baru yaitu RSUD ODSK, RSJ Ratumbuysang dan RS Khusus Mata,” tuturnya.


    Ia menambahkan, Pemprov Sulut juga tetap optimal mendukung program prioritas nasional, seperti pembangunan Tol Manado-Bitung yang diresmikan di masa pandemi, dan menjadi jalan tol pertama di Sulut dan terpanjang di Pulau Sulawesi.


    Upacara ini turut diikuti Wakil Gubernur Steven Kandouw, Forkopimda Sulut, Ketua TP PKK Sulut, Rita Tamuntuan, Sekretaris TP PKK Sulut, dr Kartika Devi Tanos, para kepala daerah dan wakilnya se Provinsi Sulut, pejabat pemerintah dan undangan lainnya.


    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gubernur Olly Beberkan Capaian Sulut Hingga Di Usia 58 Tahun Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top