• Berita Terbaru

    September 28, 2022

    elnusanews/com , September 28, 2022

    Praseno Hadi: Pentingnya Kampanyekan GERMAS dengan Melibatkan Stakeholder



    SULUT,Elnusanews - Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor/Lintas Program Perkembangan Kebijakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Hotel Aryaduta Manado, Rabu (28/9/2022).


    Kegiatan ini dibuka langsung Penjabat (Pj) Sekdaprov Sulut, Praseno Hadi didampingi Kepala Dinkesda Sulut, dr Debie Kalalo dan akademisi sekaligus pemateri, dr Joy Rattu.


    Dalam arahan, Praseno Hadi mengatakan pentingnya melibatkan stakeholder dalam upaya edukasi program GERMAS kepada masyarakat.

    “Pentingnya mengkampanyekan GERMAS dengan libatkan stakeholder. Apalagi ini menyangkut masalah prilaku dan lingkungan yang punya keterkaitan,” kata Praseno.


    Ia menjelaskan, seperti halnya prilaku yang memang sangat sulit untuk diubah karena berkaitan dengan gaya hidup yang tidak sehat.


    “Contohnya kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, jarang olahraga dan tidak makan makanan bergizi,” ujarnya.


    Kemudian terkait lingkungan, lanjut Praseno, punya keterkaitan dengan GERMAS.


    “Seperti lingkungan kotor contohnya. Tentu akan berdampak bagi kesehatan masyarakat sekitar lingkungan tersebut,” sebutnya.


    Praseno mengatakan, salah satu upaya menerapkan GERMAS yaitu dengan kegiatan kampanye atau sosialisasi.

    Ia mengakui pers punya peran besar dalam membantu program pemerintah melakukan edukasi kepada masyarakat terkait program GERMAS ini.


    “Saya senang wartawan juga hadir di acara ini. Butuh kerja bersama wujudkan Sulut Sehat,” akunya.


    Di sisi lain, Praseno menyebut, sarana dan prasarana kesehatan di Bumi Nyiur Melambai terus digenjot Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.


    “Daerah kita mulai unggul dengan hadirnya RSUD ODSK, RS Khusus Mata, serta banyak rumah sakit swasta lainya,” bebernya.

    Meski begitu, Praseno mengungkapkan kesehatan menjadi hal penting bagi masyarakat dalam menunjang pembangunan daerah.


    “Apalagi bagi para generasi muda kita sangat penting untuk dilakukan edukasi cara hidup sehat lewat program GERMAS ini. Mudah-mudahan ada program konkrit agar dapat mewujudkan slogan daerah ini, yaitu SULUT SEHAT, SULUT HEBAT,” tandasnya.


    Sebelumnya, Kepala Bidang Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkesda Sulut, dr Rima Lolong menyampaikan laporan terkait kegiatan ini.

    Kata Rima, tujuan pelaksanaan kegiatan yakni meningkatkan kordinasi/dukungan lintas sektor dan lintas program dalam mengimplementasikan kebijakan GERMAS di Provinsi Sulut.

    Selanjutnya, menyamakan persepsi tentang pelaksanaan GERMAS dalam rangka mendukung pencapaian derajat kesehatan masyarakat.


    “Dalam mendukung GERMAS, kita juga sudah membentuk Forum Komunikasi yang melibatkan semua sektor,” pungkasnya. 


    (roker/*)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Praseno Hadi: Pentingnya Kampanyekan GERMAS dengan Melibatkan Stakeholder Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top