• Berita Terbaru

    January 24, 2017

    elnusanews/com January 24, 2017

    Ini Uraian Membayar Pajak Bermotor Sesuai Aturan yang Berlaku

    BIITUNG,Elnusanews - Kepala Kantor Samsat UPTD Bitung  Audy Pangauw berharap bagi masyarakat yang bakal melunasi pajak kendaraan bermotor wajib mengetahui hal dibawah ini.

    Pertama, BBNKB (Bea Balik Nama kendaraan bermotor). Besarnya 10% dari harga kendaraan ( off the road) atau harga faktur untuk kendaraan baru, dan bekas ( second ) sebesar dua pertiga Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

    " Dan selanjut PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). Besarnya 1,5% dari nilai jual kendaraan dan bersifat menurun tiap tahun, karena penyusutan nilai jual ," kata dia kepada sejumlah wartawan.

    Ia menjelaskan ada juga SWDKLLJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan). Sumbangan ini dikelola oleh Jasa Raharja.

    " Begitu juga dengan Biaya ADM (Biaya administrasi) Untuk kendaraan baru tidak dikenakan dan apabila ganti pelat nomor (5 tahun sekali) atau balik nama dikenai biaya ADM ," jelasnya.

    Sembari menjelaskan Denda Pajak Kendaraan Bermotor Apabila jatuh tempo masa berlaku STNK belum melakukan perpanjangan maka akan dikenai denda PKB dan denda SWDKLLJ.

    " Nah, untuk brosis-brosis yang telah bayar pajak kendaraan bermotor, ini ada formasi dendanya. Perhitungan Denda PKB: 25 % per tahun Terlambat 3 bulan = PKB x 25% x 3/12 Terlambat 6 bulan = PKB x 25% x 6/12 Denda SWDKLLJ Rp 35.000 untuk roda 2. DN Rp 100.000 untuk roda 4 ," urainya. (Rego)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ini Uraian Membayar Pajak Bermotor Sesuai Aturan yang Berlaku Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top