• Berita Terbaru

    January 27, 2017

    elnusanews/com , January 27, 2017

    OD-SK: Ayo Menanam Cabe di Pekarangan

    SULUT,Elnusanews - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), melalui Dinas Pangan (DP) Daerah mengajak kepada jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas dan Badan Ketahanan Pangan Sulawesi Utara untuk menanam cabe di pekarangan Kantor dan  rumah. Karena pada dasarnya budidaya cabe tidak membutuhkan lahan yang khusus, yang paling penting adalah anda memiliki lahan yang bisa digunakan untuk menanam cabe. Misalnya anda memiliki lahan pekarangan yang kecil sekalipun tetap bisa anda gunakan untuk menanam cabe.
    Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pangan (DP) Daerah Provinsi Sulut Ir Jemmy Kuhu, pada acara Gerakan Penanaman Cabe di Pekarangan untuk kebutuhan Gizi Keluarga, Jumat (27/1/2017) pagi tadi di Halaman Kantor Dinas Pangan Daerah Pemprov Sulut.

    "Ini juga merupakan salah satu program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK). Ayo Menanam Cabe di Pekarangan Kantor dan rumah," ajak Kuhu seperti yang diutarakan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut kepada Dinasnya untuk program 2017 kedepannya.

    Dijelaskan Kuhu, sumber daya pangan jika dikelola dengan baik dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Persoalan pangan saat ini dihadapkan pada gejolak harga kebutuhan komoditas harga cabe yang tinggi merupakan salah satu penyumbang inflasi.

    "Kenaikan harga cabe disebabkan rendahnya ketersediaan cabe. Sekarang ini pasokan cabe dan beras di pasar tradisional berasal dari luar daerah Sulut atau didatangkan dari provinsi lain," katanya.

    Lanjut, untuk menaikan produksi cabe tahun 2017 Kementerian Pertanian RI melalui Dinas Pangan Daerah Sulut bersama jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN)   melaksanakan kegiatan pemanfaatan pekarangan.

    "Sampai saat ini program berkelanjutan seperti program rumah pangan lestari masih terus dijalankan pada tahun 2017. Program tersebut memfasilitasi berupa bibit benih komoditi tanaman pangan yang dapat ditanam di pekarangan, antara lain, bibit cabe, tomat, sayuran, buah-buahan serta memelihara ternak dan ikan. Sedangkan untuk menangani daerah rawan pangan memfasilitasi 12 kelompok di 4 kabupaten /kota. Dengan demikian dapat memenuhi tingkat konsumsi cabe untuk kebutuhan rumah tangga serta pangan beras masih tersedia," ujarnya.

    Untuk itu, dirinya berharap kepada pemerintah kabupaten /kota yang terkait dapat mengawasi bantuan ini agar bisa terlaksana dengan baik demi terwujudnya program OD-SK yakni mensejahterahkan rakyat Sulut.

    Pada kesempatan itu Pemprov melalui Asisten II Muhammad Mokoginta didampingi Kadis Pangan Sulut Jemmy Kuhu menyerahkan bantuan bibit cabe kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang hadir untuk ditanam dilingkungan pekarangan kantor masing-masing. Dan dilanjutkan dengan penanaman bibit cabe di lahan Pekarangan kantor Dinas Pangan Daerah Pemprov Sulut .

    Turut hadir, sejumlah Kepala Dinas Ketahanan dan Pangan Daerah Kabupaten Kota serta seluruh jajaran pejabat eselon III dan IV lingkup Dinas Pangan Provinsi Sulut.

    (ROKER)




    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: OD-SK: Ayo Menanam Cabe di Pekarangan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top