• Berita Terbaru

    July 07, 2021

    elnusanews/com , July 07, 2021

    Caroll Senduk Apresiasi Poktan Kitaman Pinaras yang Terus Berinovasi Dimasa Pandemi

    TOMOHON,Elnusanews - Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. mengukuhkan kelompok Tani Kitaman Pinaras.

    Kegiatan ini dilaksanakan di Perkebunan Krois Kelurahan Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan, Rabu (7/7/2021).

    Sebelumnya Walikota Tomohon meninjau dan mengamati secara langsung pembuatan gula semut yang dilakukan oleh anggota kelompok tani

    Walikota Tomohon dalam arahanya menyampaikan selamat atas pengukuhan pengurus kelompok tani kitaman Pinaras.

    "Semoga produksi gula semut makin ditingkatkan dan akan dikawal terus oleh Pemerintah Kota Tomohon dalam menunjang perekonomian masyarakat Kota Tomohon. Harapan kita semua agar kepengurusan ini dapat bekerja dengan baik, bekerja dengan ikhlas dan berkualitas sehingga dapat mengemban amanah mengelola kelompok tani demi meningkatkan kesejahteraan para petani.
    Pertanian di indonesia dan di kota Tomohon tetap  menjadi andalan perekonomian nasional maupun daerah," tuturnya.

    oleh karena itu, Kata Walikota pembangunan pertanian selalu menjadi prioritas, termasuk kota Tomohon yang menetapkan pertanian sebagai salah satu sektor unggulan yang mendukung perdagangan dan industri, serta kepariwisataan di dalam daerah maupun di luar daerah.

    "Hal ini sesuai dengan visi kami : Tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera, dengan misi : memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. serta melalui program unggulan kami dalam bidang pertanian yaitu mekanisasi alat-alat pertanian, penyediaan bibit dan pupuk yang terjangkau bagi petani," bebernya.

    Lanjutnya, kelompok tani memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian para petani, yang secara otomatis juga turut serta membantu laju pertumbuhan pembangunan di kota Tomohon.

    "Kehadiran kelompok tani, harus bisa memainkan peran dan fungsinya selaku organisasi yang memfasilitasi dan memperjuangkan kepentingan petani, dengan tujuan utama adalah tercapainya kesejahteraan petani dan terciptanya kedaulatan pangan. Selanjutnya dalam kepengurusan kelompok tani kitaman Pinaras, agar senantiasa memahami arah dan tujuan terbentuknya kelompok tani, diantaranya untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anggota dan keluarganya serta menjalankan fungsi utamanya sebagai wadah bersama bagi anggota untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan memanfaatkan teknologi informasi sehingga dapat meningkatkan produktifitas, pendapatan dan kehidupan yang lebih baik. Kini kita semua sebagai anggota dan pengurus kelompok tani dapat memanfaatkan sumber daya yang ada, kota tomohon sendiri masih banyak terdapat lahan-lahan tidur yang belum dikelola dan dimanfaatkan dengan baik sehingga dalam pengelolaan lahan pertanian harus paham dan menyesuaikan dengan berbagai ketersediaan teknologi  yang senantiasa menunjang kegiatan pertanian. Salah satunya karena melalui sentuhan teknologi pertanian, penggunaan varietas unggul dan pemanfaatan penggunaan pupuk organik untuk peningkatan produksi pertanian yang berkualitas dapat memberikan hasil yang lebih baik sekaligus memberikan kemudahan, efisiensi anggaran dan waktu sehingga biaya produksi diminimalisir, dan pendapatan petani akan bertambah," imbuhnya.

    Dirinya berharap agar kelompok tani kitaman Pinaras benar-benar menjadi wadah bagi petani untuk memperoleh wawasan luas mengenai pertanian dengan penguasaan teknologi pertanian, akses pupuk dan permodalan serta pemasaran. Karena itu dalam meningkatkan pertanian maka kita diharapkan untuk tetap bekerja sama dan sama-sama bekerja bagi peningkatan kesejahteraan para petani dan masyarakat. Mengolah lahan pertanian, hasilnya bukan hanya untuk konsumsi individu atau kelompok saja tetapi sekarang mananam adalah untuk kebutuhan hidup dan kesejahteraan.

    "Kelompok tani era sekarang sudah saatnya mengubah paradigma. filosofinya adalah kita harus berpikir produktif dalam menanam, selektif memilih jenis tanaman pertanian, varietas unggul dan prospek pasarnya cerah, sehingga memiliki nilai tambah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok tani," paparnya.

    Hadir Juga pada kegiatan ini anggota DPRD Kota Tomohon Noldie Lengkong, Asisten II Ir. Enos Pontororing, M.Si., Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP. Camat Tomohon Selatan Stenly Mokorimban, Lurah Pinaras Mario Rumbani, Para pengurus dan anggota kelompok tani Kitaman.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Caroll Senduk Apresiasi Poktan Kitaman Pinaras yang Terus Berinovasi Dimasa Pandemi Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top