• Berita Terbaru

    July 29, 2021

    elnusanews/com , July 29, 2021

    Wakil Walikota WL Paparkan 96 Destinasi Wisata kepada BPK RI



    TOMOHON,Elnusanews - Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut Kamis (29/7), dalam rapat dan pemaparan terhadap pengelolaan atas pengembangan dan promosi pariwisata di Kota Tomohon kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.

    Banyak hak yang turut diuraikan Wakil Walikota baik potensi dan promosi pariwisata di Kota Multidimensi ini.


    Dalam pemaparan yang di laksanakan secara video conference (Vidcon) dari Terung Kabasaran Kolongan dan dipimpin Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara Karyadi dan diikuti pula Pemerintah Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Kepulauan Talaud.


    Dalam pemaparan itu Wakil Walikota secara gambaran umum menguraikan, untuk mewujudkan visi Walikota dan Wakil Walikota Tomohon di sektor Pariwisata menjadi salah satu faktor penting untuk dikembangkan sehingga dijadikan dasar dalam rumusan misi yakni menjadikan Tomohon sebagai kota wisata dunia yang merupakan misi ke 3.

    Yang kemudian secara otomatis menjadi salah satu program prioritas pembangunan pengembangan pariwisata dan Kebudayaan, urai Lumentut.


    Lanjut diungkapkan, melihat potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di Kota Tomohon yang sejuk, asri, berbudaya, religius dan berkarakter, maka Kota Tomohon dapat menjadi tempat yang nyaman bagi pengunjung.

    Apalagi potensi pariwisata Kota Tomohon saat ini memiliki 96 Destinasi Wisata yang terbagi atas 61 objek wisata alam, 8 objek wisata buatan, 27 objek wisata budaya dan dari 96 destinasi wisata yang ada terdapat 42 Destinasi wisata unggulan.

    Selain itu diuriakan Wakil Walikota terhadap strategi pengembangan pariwisata pasca pendemi covid19, negara negara yang bertumpu pada sektor pariwisata akan berlomba-lomba untuk menjaring kedatangan turis dengan berbagai insentif dan program termasuk di Kota Tomohon.

    Selain itu melakukan re-orientasi pariwisata yang berkualitas, tidak hanya mengejar jumlah kunjungan wisatawan (Mass Tourism) tetapi lebih ditekankan pada kualitas Pariwisata (Quality Tourism), yang akan menjual pariwisata yang aman, sehat, bersih dan nyaman untuk wisatawan, serta bebas Covid-19.

    Begitupun memperkuat strategi pengembangan pariwisata dengan rumus 5A yaitu atraksi, aksesbilitas, amenitas, akomodasi dan aktivitas, untuk mempromosikan secara gencar destinasi wisata dan budaya Kota Tomohon melalui digital tourism yaitu media sosial, website dan saran pendukung lainnya.

    Pemkot Tomohon juga, jelas lumentut membuat paket-paket wisata yang menarik, sesuai dengan segmen pasar dengan menyelenggarakan kembali event-event secara rutin dan massive dan dilakukan pula promosi pariwisata baik didalam dan diluar negeri.

    Begitupun menyelenggarakan even budaya lokal dengan menggerakkan masyarakat di kelurahan kelurahan, sekolah, sanggar dan komunitas budaya termasuk melakukan pelatihan dan memfasilitasi pelatihan untuk pelaku ekonomi kreatif pariwisata.

    Ada juga lewat peningkatkan kapasitas SDM pariwisata melalui training dan pelatihan dengan membangun dan menciptakan beberapa destinasi baru yang dikelola Pemerintah Kota Tomohon serta penyesuaian peraturan daerah (Perda) tentang Tata Ruang Kota Tomohon, yang akan memberikan kemudahan kepada investor pariwisata.

    Juga membenahi dan meningkatkan kualitas semua destinasi wisata di Kota Tomohon dalam upaya mendukung destinasi super prioritas KEK Likupang Sulawesi Utara, dimana Kota Tomohon ditunjuk sebagai salah satu Daerah Penyangga KEK Likupang.

    Disisi lain peningkatkan sinergitas dengan melakukan koordinasi dan kolaborasi bersama Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan seluruh stakeholders pariwisata, urai Wakil Walikota dalam pemaparannya.


    (ROKER)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wakil Walikota WL Paparkan 96 Destinasi Wisata kepada BPK RI Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top