• Berita Terbaru

    July 17, 2021

    elnusanews/com , July 17, 2021

    Jelang Idul Adha, Pemprov Sulut Siapkan hewan Kurban

    SULUT,Elnusanews - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan menyiapkan hewan kurban dalam perayaan Idul Adha tahun 2021.


    Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Sulut, Fereydy Kaligis menjelaskan ada sebanyak 30 sapi kurban tersebut masuk dalam penganggaran APBD Pemprov Sulut tahun 2021.


    "Itu sudah dianggarkan, dan nanti rencanannya akan diserahkan secara simbolis oleh Bapak Gubernur Olly Dondokambey," ungkap Kaligis belum lama ini.


    Ia mengatakan, penyaluran hewan kurban nanti harus terlebih dahulu mengantongi rekomendasi dari dokter hewan untuk memastikan hewan sapi yang akan disalurkan layak dikonsumsi.


    "Itu harus diperiksa dulu, supaya hewan kurban yang akan disalurkan nanti betul-betul layak untuk dikonsumsi masyarakat khususnya kaum duafa," terangnya.


    Kaligis menuturkan, seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemprov Sulut akan menerima bantuan hewan kurban dari Presiden Jokowi sebanyak satu ekor.


    "Kalau bantuan hewan kurban dari Presiden Jokowi itu sudah diatur  untuk diserahkan ke masjid di Minahasa Selatan," bebernya.


    Lanjut dia, penyaluran bantuan hewan kurban untuk masjid sesuai tindaklanjut dari permohonan atau proposal yang masuk.


    "Ada mekanismenya, yakni setiap masjid di Sulut membuat proposal dan dimasukan ke Pemprov Sulut. Kita salurkan sesuai proposal yang masuk," ujarnya.


    Ia mengakui, Gubernur Sulut sangat menginginkan dapat memberikan langsung hewan kurban Pemprov Sulut ke masing-masing masjid.


    "Tapi karena situasi pandemi, apalagi ada peningkatan kasus, makanya penyerahan direncanakan hanya secara simbolis di Kantor Gubernur Sulut nanti," tukasnya.


    Kaligis berharap, penyaluran hewan kurban untuk para kaum duafa akan sangat membantu dalam memaknai perayaan Idul Adha meski dalam situasi pandemi Covid-19.


    "Kiranya hewan kurban nanti bisa berarti bagi para penerimannya. Penyaluran memang diatur oleh pihak masjid untuk para jemaah yang dinilai layak mendapatkan hewan kurban tersebut," tandasnya.


    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jelang Idul Adha, Pemprov Sulut Siapkan hewan Kurban Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top