• Berita Terbaru

    July 30, 2021

    elnusanews/com July 30, 2021

    Kadis P3AD Sulut Apresiasi 5 Kab/Kota Sabet Penghargaan KLA



    SULUT,Elnusanews - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Sulawesi Utara Dr. Devi Kartika Tanos, MARS, mengikuti siaran langsung Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual oleh Kementrian Pemberberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Kamis (29/07/2021).



    Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) adalah sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana menyeluruh dan berkelanjutan.


    Evaluasi Kabupaten/Kota Layak Anak  dilaksanakan berdasarkan 24 indikator yang terangkum dalam kelembagaan, dengan 3 indikator dan 5 klaster Kabupaten/Kota Layak Anak antara lain klaster 1 yakni  Hak Sipil dan Kebebasan dengan 3 indikator, klaster 2 yakni Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif dengan 5 indikator, klaster 3 yakni Kesehatan Dasar dan Kesejahtraan dengan 6 indikator, klaster 4 yakni Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya dengan 3 indikator, dan klaster 5 yakni Perlindungan Khusus Anak dengan 5 indikator.


    Ada 275 kabupaten/kota di indonesia yang meraih predikat Kabupaten/Kota Layak Anak baik kategori Pratama, Madya, Nindya dan Utama.


    Provinsi Sulawesi Utara menerima penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak dari berbagai kategori. dari 15 kabupaten /kota  yang ada, Kategori Pratama diraih oleh Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kategori Madya Diraih oleh Kota Kotamobagu dan Kategori Nindya Diraih oleh Kota Bitung.


    Kepala Dinas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Sulawesi Utara Dr. Devi Kartika Tanos, MARS, dalam hal ini memberikan mengapresiasi untuk 5 kabupaten/kota yang meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak.


    “Semoga dengan penghargaan yang diraih dapat menjadikan Inspirasi, Motivasi, Kekuatan dan Dorongan bagi semua 15 daerah di kabupaten /kota untuk menjadikan program pembangunan anak sebagai prioritas untuk mewujudkan anak terlindungi, anak-anak sulut sejahtera, indonesia maju.” Kata dr Devi yang juga selaku Sekretaris TP-PKK Provinsi Sulut itu.


    Lanjut dr Devi penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak, melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh tim Kementerian PPPA, tim kementerian/lembaga, dan tim independen.


    Tujuannya, kata dr Devi, untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak. 


    "Komitmen lintas sektor menjadi sangat esensial dan menjadi syarat terpenuhinya hak dan perlindungan khusus anak mengingat isu-isu yang melingkupi anak sangat kompleks," tandasnya.


    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kadis P3AD Sulut Apresiasi 5 Kab/Kota Sabet Penghargaan KLA Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top