• Berita Terbaru

    July 22, 2021

    elnusanews/com , July 22, 2021

    Latsar CPNS Resmi Dibuka, CS-WL Konsisten Perhatikan Pengembangan SDM ASN



    TOMOHON,Elnusanews - Pelatihan Dasar CPNS Golongan III dan II Pemkot Tomohon Tahun 2021 dibuka secara resmi pada Rabu (21/7). Dilaksanakan secara virtual dari Command Center Mall Pelayanan Publik Pemerintah Kota Tomohon.

    Penyelenggaraan Latsar di Kota Tomohon selama 51 hari kerja, diikuti oleh 21 peserta dan dilaksanakan secara virtual dengan perincian 18 hari pembelajaran, 30 hari habituasi dan 3 hari evaluasi.

    Wali Kota Tomohon melalui Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan mengatakan, calon pegawai negeri sipil harus mengikuti manajemen PNS sebagai syarat wajib sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 5 Tahun 2014.
    Yaitu menjalani masa prajabatan selama satu tahun yang di dalamnya diisi dengan kegiatan Latsar.

    Ringkuangan meyakinkan, Pemerintah Kota Tomohon dibawah kepemimpinan Walikota Caroll Senduk dan Wawali Wenny Lumentut tetap konsisten dalam memperhatikan pengembangan SDM aparatur sipil negara.

    “Bentuk Perhatian ini diberikan melalui kesempatan yang diberikan kepada ASN Kota Tomohon untuk mengikuti pengembangan kompetensi teknis maupun manajerial, untuk meningkatkan kapasitas aparatur yang ditempatkan di setiap perangkat daerah,” sebut Ringkuangan.

    Lanjutnya, pegawai negeri sipil (PNS) sebagai unsur utama sumber daya manusia aparatur sipil negara (ASN) memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.
    Sosok PNS yang mampu memainkan peranan tersebut adalah PNS yang memiliki kompetensi.
    Diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.
    Karena itu perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pelatihan dasar (Latsar) yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika pegawai negeri sipil.
    Termasuk pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, tugas dan budaya organisasinya.

    Supaya mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

    Diketahui, CPNS golongan III dan golongan II pada formasi Kota Tomohon tahun 2020 berjumlah 21 orang tenaga teknis. Dengan rincian, golongan III berjumlah 19 orang, dan golongan II berjumlah 2 orang.
    Kegiatan ini dibuka secara virtual oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Utara Marhaen Royke Tumiwa.
    Hadir secara langsung di Command Center, di antaranya Asisten Administrasi Umum Setda ODS Mandagi, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Josias Makalew.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Latsar CPNS Resmi Dibuka, CS-WL Konsisten Perhatikan Pengembangan SDM ASN Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top