• Berita Terbaru

    November 30, 2022

    elnusanews/com November 30, 2022

    DPRD Minahasa Gelar Paripurna Tentang Ranperda APBD Kabupaten Minahasa TA 2023


    MINAHASA, Elnusanews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melaksanakan rapat paripurna terkait Pembicaraan tingkat II terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang APBD kabupaten Minahasa T/A 2023 untuk disetujui menjadi Peraturan Daerah (Perda).

    Rapat paripurna DPRD tersebut diselenggarakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tondano, Selasa (29/11/2022) sore tadi.

    Dalam rapat Paripurna ini dipimpin Ketua Dewan Glady Kandouw, SE didampingi Wakil Ketua Okstesi Pricilia Runtu, SH, MSi dan Denny Kalangi, juga diikuti oleh seluruh anggota dewan.

    Dikatakan Ketua Glady, sidang paripurna DPRD Minahasa dihadiri Wakil Bupati DR Robby Dondokambey, SSi, MSi, Forkopimda Minahasa beserta seluruh anggota dewan. Diucapkan terima kasih karena telah bersama-sama hadir disini, guna mengikuti rapat pembicaraan Ranperda T/A 2023.


    “Kiranya rapat Paripurna DPRD Minahasa yang telah diikuti Forkopimda bersama jajaran eksekutif bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan, karena kita akan membicarakan Ranperda APBD Kabupaten Minahasa T/A 2023 untuk disetujui menjadi Perda,” kata ketua DPRD Minahasa.

    Selanjutnya ketua dewan memberikan kesempatan kepada seluruh fraksi untuk menyampaikan pamandangan umumnya. Kemudian, masing-masing fraksi membacakan pemandangan umum mereka.

    Usai semua fraksi membacakan pendapat akhirnya. Kemudian mereka menerima dan menyetujui Ranperda APBD Kabupaten Minahasa T/A 2023 menjadi Perda.

    Pada kesempatan tersebut, Sekertaris Dewan Minahasa Drs Dolfie Kuron, MBA membacakan lampiran APBD 2023 yang disetujui antara DPRD bersama pihak eksekutif dihadapan semua anggota dewan dan Forkopimda.

    Sementara Wakil Bupati Minahasa DR Robby Dondokambey, SSi, MM dalam sambutannya menyampaikan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas anugerah dan tuntunan-Nya, hari ini kita dapat dipertemukan melalui Rapat Paripurna dalam rangka Pengambilan Keputusan terhadap Ranperda.tentang APBD Kabupaten Minahasa Tahun Anggaran 2023.

    “Atas pelaksanaan Rapat Paripurna ini, kami Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada saudara ketua, para Wakil Ketua serta Anggota DPRD Kabupaten Minahasa. Ucapan terima kasih dan apresiasi juga tentu disampaikan kepada Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Minahasa, atas semua kerja dan upayanya, mencermati dan memberikan masukan serta saran dalam pembahasan,” kata RD sapaan akrab Wakil Bupati Minahasa ini.

    “Ada dinamika dalam proses pembahasan anggaran, tetapi semua dalam bingkai ketentuan untuk paripurnanya Ranperda APBD Kabupaten Minahasa Tahun Anggaran 2023 ini,” tambahnya.

    Ranperda APBD yang telah dibahas dan kita setujui hari ini, tetap memperhatikan pemenuhan belanja wajib atau belanja yang bersifat mandatory spending, antara lain fungsi pendidikan dan fungsi kesehatan, serta tetap berfokus pada penanganan Covid dan penanganan dampak Inflasi.

    Pemkab Minahasa berupaya untuk memenuhi seluruh kebutuhan, dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan pada Perangkat Daerah ataupun pada Unit Kerja, namun terbatas pada kemampuan keuangan daerah sehingga kita melakukan penyesuaian belanja.

    Dalam Ranperda tentang APBD Tahun 2023, secara total Pendapatan Daerah kita menjadi Rp 1.238.476.664.396,- (satu triliun dua ratus tiga puluh delapan milyar empat ratus tujuh puluh enam juta enam ratus enam puluh empat ribu tiga ratus sembilan puluh enam rupiah).

    Belanja Daerah menjadi Rp. 1.241.650.514.800,- (satu trilyun dua ratus empat puluh satu milyar enam ratus lima puluh juta lima ratus empat belas ribu delapan ratus rupiah).

    Sementara itu, disisi Pembiayaan Daerah pada Penerimaan Pembiayaan menjadi Rp. 3.173.850.404,- (tiga milyar seratus tujuh puluh tiga juta delapan ratus lima puluh ribu empat ratus empat rupiah).

    Dalam pelaksanaannya kedepan, menurut Wabup RD, kiranya kita akan terus bersama-sama, memperkuat sinergitas dan jalinan koordinasi, tetap saling mendukung, sambil mengawasi jalannya berbagai program dan kegiatan yang telah ditetapkan.

    “Ini dimaksudkan, agar tujuan dan harapan untuk mempercepat dan mendorong realisasi pembangunan dapat terlaksana, dan bermuara pada terwujudnya Minahasa Maju Dalam Ekonomi, Budaya, Berdaulat, Adil Dan Sejahtera,” ujarnya.

    Sekali lagi diucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Minahasa, yang telah melakukan pembahasan dan pengkajian secara kritis dan komprehensif, serta memberikan persetujuan terhadap Ranperda APBD Kabupaten Minahasa Tahun Anggaran 2023.

    “Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menganugerahkan kesehatan, kekuatan, serta menuntun dan memberkati setiap langkah kerja dan karya kita dalam upaya membangun bangsa, membangun daerah yang sama-sama kita cintai ini, tutupnya.

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: DPRD Minahasa Gelar Paripurna Tentang Ranperda APBD Kabupaten Minahasa TA 2023 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top