• Berita Terbaru

    November 18, 2022

    elnusanews/com , , November 18, 2022

    DPRD Minsel Laksakan Paripurna Penetapan APBD 2023


    MINSEL, Elnusanews- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan, melaksanakan sidang paripurna dengan agenda Penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (PROPEMPERDA) Tahun 2023 serta pembicaraan tingkat kedua terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Minahasa Selatan Tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023. 

    Rapat ini dipimpin oleh ketua DPRD Stevanus Lumowa, SE yang turut didampingi wakil ketua Paulman Runtuwene, ST serta dihadiri Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH Bersama Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th.


    Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa Selatan berlangsung pada Jumat, 18 November 2022 dihadiri Sekdakab, unsur Forkopimda, pejabat esalon 1, 2 dan 3 serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

    Pelaksana Tugas Ketua DPRD Minsel Stevanus Lumowa menyampaikan bahwa pelaksanaan Rapat Parupurna Pembicaraan Tingkat kedua Ranperda APBD Tahun Anggaran 2023 dilaksanakan setelah sebelumnya pembahasan antara Banggar dan TAPD serta perangkat daerah sesuai mekanisme dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku disesuaikan dengan visi dan misi Bupati Franky Donny Wongkar dan Wakil Bupati Pendeta Petra Yanni Rembang (FDW-PYR).


    Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa berbagai krisis muncul dan mulai terjadi seperti krisis pangan, krisis energi, krisis keuangan dan pandemi Covid-19 yang belum berakhir di beberapa negara. 

    Namun ditengah ketidakpastian global, ekonomi Indonesia justru tumbuh relatif cukup baik. Berdasarkan data badan pusat statistik Provinsi Sulawesi Utara bahwa sebelumnya 15 (Lima Belas) Kabupaten/kota di Sulawesi Utara tercatat masih ada kemiskinan ekstrim. Namun di Tahun 2022 ini, ada 2 (Dua) kabupaten yang indikator kemiskinan ekstrimnya mencapai titik nol. 2 (Dua) kabupaten itu adalah Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. 


    Hal ini membuktikan bahwa Kabupaten Minahasa Selatan mampu mengendalikan inflasi  yang menjadi bagian dari krisis multidimensional yang sedang kita hadapi secara global. Namun pencapaian ini janganlah membuat kita berpuas diri, karena masih banyak pekerjaan yang harus kita kerjakan bersama-sama. 

    Berbagai langkah-langkah konkret harus kita siapkan untuk menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat.  Mari kita perkuat sinergi, lakukan gebrakan, ciptakan inovasi dalam tanggungjawab dan tugas kita masing-masing untuk bersama-sama mewujudkan Minahasa Selatan yang semakin Maju, Berkepribadian dan Sejahtera. 


    "Saya mengajak seluruh komponen pemerintahan yang ada, mari kita bersatu-padu dan bekerja bersama mengawal pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat agar berjalan secara optimal demi kesejahteraan dan kemakmuran seluruh masyarakat Minahasa Selatan. Sembari berharap, kiranya sinergisitas dan komitmen yang telah kita wujudkan bersama saat ini dapat terus kita tingkatkan agar penyelenggaraan pemerintahan, pemberdayaan masyarakat dan keberlanjutan pembangunan dapat terlaksana secara optimal. Dan semoga setiap upaya dan kerja keras kita senantiasa mendapat tuntunan dan penyertaan dari Tuhan Yang Maha Kuasa", ucapnya.

    Diakhir sambutannya, Bupati Franky Donny Wongkar  memberikan apresiasi kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Minsel yang telah bersama-sama dengan pemerintah daerah membahas Ranperda Kabupaten Minsel tentang APBD 2022. Advetorial

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: DPRD Minsel Laksakan Paripurna Penetapan APBD 2023 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top