• Berita Terbaru

    June 01, 2023

    elnusanews/com June 01, 2023

    Peringati Hari Lahir Pancasila, DPC PDIP Sangihe Gelar Upacara dan Berbagai Kegiatan Lainnya


    Sangihe, Elnusanews- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Kepulauan Sangihe mengadakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni. Pelaksanaannya berlangsung di halaman Kantor DPC PDIP Sangihe, Kamis (01/06/23).

    Kegiatan ini dihadiri Pengurus DPC,PAC,Para Kandidat Bacaleg, Ranting, Anak Ranting serta Badan Sayap Partai. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Sekertaris DPC PDIP Sangihe,Ferdy Sondakh,SE.

    "Sambutan Sekertaris DPC PDIP Sangihe Ferdy Sondakh dan juga Wakil Ketua DPRD Sangihe mangatakan, Kita ketahui bersama bahwa pada hari ini tepatnya tanggal 1 juni merupakan momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia pada setiap tahunnya kita selalu memperingati sebagai hari lahir Pancasila ini. Tentunya ada berbagai cara dalam memaknainya pertama mempelajari nilai apa saja yang terkandung dalam setiap sila Pancasila nilai-nilai seperti toleransi beragama menerima keberagaman serta perilaku cinta tanah air perlu kita pahami kembali,"ucap Sondakh.


    Lanjut Sondakh, untuk itu dijadikan dasar dalam kehidupan sehari-hari harus ingat juga bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman berbagai etnis bahasa, adat istiadat, agama dan golongan bersatu untuk membentuk Indonesia.

    "Dengan adanya Pancasila kita bisa terhindar dari masalah yang timbul akibat keberagaman tersebut seperti konflik sosial dan perang saudara. Kita juga bisa hidup rukun dan bergotong-royong untuk memajukan negara bersama-sama karena NKRI harga mati, kedua kita harus menerapkan nilai Pancasila itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Setelah mempelajari makna Pancasila tentu kita harus mengamalkan ilmu tersebut karena jika hanya mempelajari saja kita sama seperti pohon yang tumbuh namun tidak berbuah sebab sangat sedikit manfaat yang diberikan oleh pohon tersebut,"ungkap Sondakh

    Dalam memaknai hari lahir Pancasila adalah menyikapi setiap permasalahan dengan bijaksana dalam menyelesaikan permasalahan serta semua hal yang berhubungan dengan bangsa dan negara, kita haruslah bisa bersikap arif dan bijaksana.

    Saat ini kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan, ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebinekaan, ada juga sikap tidak toleran dan mengusung ideologi lain dan bukan Pancasila. 

    "Masalah ini pun semakin mencemaskan dengan adanya penyalahgunaan media sosial yang banyak menyebarkan hoax alias berita bohong, maka dari itu kita jangan terlalu cepat termakan oleh isu. Periksa dahulu sebelum dibagikan kepada orang lain," pungkas Sondak.

    "Selanjutnya adalah Kita harus bangga akan budaya dan adat istiadat, bahasa dan keanekaragaman suku adalah harta negara Indonesia yang sangat bernilai. Mari kita memajukan budaya lokal supaya aset negara ini tidak punah," ajak Sondak.

    "Dalam memaknai peringatan hari lahir Pancasila dengan dilakukannya upacara Ini juga diharapkan dapat menentukan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati serta mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar Negara dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Ini adalah momen yang bagus dan tepat bagi kita semua untuk menanamkan kembali nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila, bersama-sama menjaga perdamaian dan persatuan dalam persaudaraan di antara kita. Marilah kita saling menghormati saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa dan juga demi kemajuan Indonesia khususnya di daerah Kabupaten Kepulauan yang kita cintai bersama. Selamat hari lahir Pancasila salam Pancasila."tutup Sondakh.

    (OpMud)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Peringati Hari Lahir Pancasila, DPC PDIP Sangihe Gelar Upacara dan Berbagai Kegiatan Lainnya Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top