• Berita Terbaru

    August 06, 2014

    elnusanews/com , August 06, 2014

    Kepsek Berdalil Akses Jalan Rusak

    -Kondisi SMUN 1 Mobar Terpuruk-
    AMURANG, Elnusanews – SMUN 1 Motoling Barat yang berdiri di Desa Raanan Baru, Kecamatan Motoling Barat (Mobar), kini semakin terpuruk. Pasalnya, kinerja Kepala Sekolah, Margaretha Sumilat dinilai kurang maksimal sehingga sekolah ini pada tahun ajaran 2014/2015, hanya mampu mendapatkan siswa baru tak lebih dari sepuluh. Namun saat dikonfirmasi, Sumilat berdalil hal itu karena akses jalan ke sekolah rusak dan tak kunjung diperbaiki.
    Terkait kinerja Kepsek, Harto Onibala pun lontarkan kritikannya. Dirinya mengatakan bahwa Sumilat selaku pimpinan di sekolah itu jarang berada di tempat. “Bagaimana bisa kepsek jarang datang ke sekolah,” beber Onibala. Sejumlah guru honorer yang enggan namanya dipublikasikan ikut nimbrung memberikan penilaian.
    “Para pelajar kekurangan guru akibat ulah kepsek yang bekerja tidak profesional, akibatnya daya tarik sekolah pudar, kepercayaan para pelajar lulusan SMP untuk mendaftar di SMU itu menurun,” keluh mereka.
    Parahnya lagi, terbongkar bantuan-bantuan dari pemerintah pusat dan daerah untuk kelengkapan sarana pendidikan, tak pernah terlihat. Seperti contoh laboratorium dan ruang komputer beserta isinya tidak berjalan sebagaimana mestinya.
    Menanggapi hal tersebut, Sumilat ketika dikonfirmasi melalui via telpon, membantah kurangnya siswa yang masuk akibat kinerjanya yang buruk. “Memang siswa di sini masih kurang, kan baru hampir 5 tahun sekolah ini didirikan, bukan karena kinerja saya,” tepisnya.
    Dirinya malah berdalil, kurangnya peminat untuk menimbah ilmu di sekolah yang dipimpinnya, akibat faktor jalan rusak. “Jangan selalu pojokan saya, bagaimana bisa sekolah bakal maju jika jalan akses masuk sekolah sepanjang 100 meter belum diperbaiki oleh pihak terkait, makanya faktor itu juga yang membuat pelajar enggan mendaftar di SMU yang saya pimpin,” terangnya.
    Namun saat dilontarkan pertanyaan tentang bantuan pemerintah pusat dan daerah untuk sekolah, Sumilat tak mampu menjawab dan hanya diam tanpa komentar. (OJR)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kepsek Berdalil Akses Jalan Rusak Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top