• Berita Terbaru

    August 17, 2014

    elnusanews/com , August 17, 2014

    Makna Kemerdekaan Terasa Berbeda

    “Korban Banjir Masih Berjuang di Tenda Pengungsian”          



    MANADO, Elnusanews – Keluarga korban banjir bandang di Kota Manado, kali ini harus merasakan suasana berbeda dalam menyambut kemerdekaan Republik Indonesia ke-69. Pasalnya, tahun lalu mereka masih memiliki rumah, namun pasca banjir bandang memporak-porandakan Kota Tinituan, mereka pun harus menetap di tenda pengungsian yang disediakan Dinas Sosial Kota Manado.
    Dari keterangan korban, mereka telah bertahan hidup 7 bulan lamanya di tempat tinggal yang tidak memadai itu. Pemerintah Kota Manado sendiri seakan tak peduli dengan nasib mereka. Di mana, mereka terpaksa tidur di sekeliling genangan air,  apabila hujan turun. Demikian dituturkan keluarga Limpong-Wayong, warga Tikala Baru Lingkungan I Kecamatan Tikala, saat diwawancara redaksi Elnusanews baru-baru ini.
    Parahnya lagi, hingga berita ini diterbitkan, para pengungsi itu belum pernah mendapat jamahan dari Pemkot Manado, bahkan nama mereka tidak masuk dalam daftar penerima bantuan sewa rumah sementara. Kondisi tersebut membuat mereka sulit untuk mereka memaknai arti dari kemerdekaan RI tahun ini.
    “Memaksakan diri untuk merdeka pun tidak bisa karena kemerdekaan hanyalah dimiliki oleh pemerintah dan pejabat Manado,” kata Setiawan, warga Tikala Baru, yang merupakan salah seorang korban bencana.
    Hal senada pun diungkap ibu Wayong, dirinya merasa prihatin dengan sikap Pemkot Manado yang beranggapan kondisi tempat tinggal mereka sekarang ini, masih layak tinggal. “Inilah kemerdekaan yang sesungguhnya buat warga yang menjadi korban banjir yang hanya bisa dijalani dengan kemajuan kota menurut pemerintah kota,” ucapnya.
    Tak hanya itu, dirinya juga mempertanyakan dana bantuan, yang bentuk penyalurannya terlihat tidak merata. “Dimanakah dana bantuan untuk memerdekakan kami? Ataukah ini yang dinamakan pemerataan, di mana penerima bantuan hanyalah diperuntukan oleh orang-orang tertentu,” tandasnya. (inan/oxo)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Makna Kemerdekaan Terasa Berbeda Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top